Ingat Namanya Baik-Baik: Dwight McNeil

Pemain berusia 19 tahun ini sedang mencuri atensi

Jakarta, IDN Times - Nama pemain muda Burnley, Dwight McNeil, tengah naik daun. Ia menjadi sensasi baru usai catatkan namanya di daftar skuat Timnas U-20 Inggris. Ini adalah pemanggilan pertamanya bersama timnas kelompok umur Inggris tersebut.

Bukan tanpa sebab kenapa McNeil dipanggil ke timnas. Bersama Burnley, musim ini berpotensi menjadi breakthrough season bagi pemain yang bisa bermain sebagai gelandang tengah atau gelandang sayap ini. Sudah mencicipi debut Premier League pada musim 2017/2018, di musim 2018/2019, McNeil langsung melesat dan kini sudah koleksi 14 penampilan di liga dengan koleksi 2 gol dan 4 asis.

1. Latihan bersama timnas senior Inggris

Ingat Namanya Baik-Baik: Dwight McNeilTwitter/@SquawkaNews

Setelah menembus Timnas U-20, pemain kidal berusia 19 tahun ini mendapat durian runtuh. Pada sesi latihan bersama timnas senior Inggris, namanya diundang oleh Gareth Southgate, pelatih kepala Inggris, untuk berlatih bersama Harry Kane dan kolega.

"Saya sedang melakukan persiapan bersama Timnas U-20 seperti biasa, sebelum kemudian Paul Simpson (manajer Timnas U-20), memanggil saya dan mengatakan bahwa saya akan sarapan dan berlatih bersama tim senior," ujar McNeil seperti dikutip dari laman resmi Burnley.

McNeil sendiri menjalani latihan pagi bersama timnas senior pada Selasa (19/3) pagi waktu setempat dan menjalani sesi dengan memuaskan. Ia mencetak gol yang cukup bagus dengan sepakan kaki kirinya.

2. Salah satu pemain muda yang tengah naik daun

Ingat Namanya Baik-Baik: Dwight McNeilTwitter/@TurfPodcast

Selain Callum Hudson-Odoi dan Declan Rice yang baru saja terima panggilan pertama ke timnas senior, skuat Inggris saat ini memang dihuni banyak pemain muda potensial seperti James Ward-Prowse dan talenta belia yang tengah curi atensi di Bundesliga, Jadon Sancho.

Keterlibatan McNeil di latihan tim senior sendiri membuatnya diprediksi tak lama lagi akan ikuti jejak Sancho dan kolega. Selain itu, dibanding Hudson-Odoi misalnya, McNeil punya menit bermain yang jauh lebih superior di Premier League.

"Saya harus terus berpikir positif dan memainkan permainan normal saya, yang mana saya rasa saya melakukannya dengan baik tadi sewaktu latihan. Sebuah pengalaman sensasional bisa berlatih bersama pemain-pemain hebat negeri ini. Tarky (James Tarkowski) dan Heats (Tom Heaton) membantuku beradaptasi dengan teman-teman di timnas, tapi semua orang sudah sangat baik ke saya," ujar McNeil.

3. Pemain kidal yang langka

Ingat Namanya Baik-Baik: Dwight McNeilTwitter/@B3nchWorldwide

Di skuat Inggris memang kehadiran pemain kidal cukup langka. Di skuat Piala Dunia 2018 misalnya, hanya Jordan Pickford, Fabian Delph, dan Danny Rose yang berkaki kiri sebagai kaki terkuatnya. Di antara ketiganya, bahkan hanya Pickford yang rutin bermain sebagai penggawa inti, sementara Southgate lebih memilih Ashley Young, yang berkaki dominan kaki kanan, sebagai bek kiri.

Kini, kehadiran McNeil bak oase yang menyegarkan. Kaki kirinya akan memberi dimensi baru dan semakin ia tampil reguler di liga dan mengasah terus pesonanya, tak lama lagi ia akan menggedor pintu menuju skuat senior di masa depan. Jadon Sancho sudah melakukannya dengan baik dan kini Dwight McNeil, yang pernah mengenyam pendidikan di tim junior Manchester United, siap melakukan hal yang sukses dirintis Sancho.

Baca Juga: Dua Debutan Dipanggil, Lini Tengah Inggris Dipenuhi Pemain Muda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya