Jadi Ketua DPD RI, Ini Jejak Kontroversi La Nyalla sebagai Ketum PSSI

La Nyalla menjabat sebagai Ketum PSSI dalam periode singkat

Jakarta, IDN Times - Nama La Nyalla Mattalitti menghangat belakangan ini. Terbaru, pada sidang yang dihelat Selasa (1/10) kemarin, namanya resmi terpilih sebagai Ketua DPD RI periode 2019-2024.

Sebelum berkecimpung di DPD RI, La Nyalla dikenal publik Indonesia sebagai mantan Ketua Umum PSSI 2015-2016. Dalam periode singkat itu, La Nyalla memimpin federasi sepakbola Indonesia itu dalam salah satu periode tergelap yang pernah mereka lalui sepanjang sejarah.

Tak pelak, kontroversi pun menghiasi karier pria berdarah Bugis ini bersama PSSI.

1. Awal gelap bersama PSSI

Jadi Ketua DPD RI, Ini Jejak Kontroversi La Nyalla sebagai Ketum PSSIAntara Foto/Wahyu Putro A

Sebelum dipimpin Edy Rahmayadi, La Nyalla adalah nama yang hadir di tampuk kekuasaan PSSI. Hanya dalam waktu singkat saja, dari 2015-2016, La Nyalla memimpin PSSI dalam era turbulensi yang penuh gejolak.

Saat masuk, ia dihadapkan dengan pembekuan dari Menpora karena PSSI tak mengizinkan Persebaya dan Arema Indonesia untuk mengikuti liga resmi. Di bawah pimpinan La Nyalla juga, PSSI dihukum oleh FIFA tepatnya melalui surat sanksi yang dikirimkan pada 30 Mei 2015, hari penuh sejarah gelap bagi sepakbola Indonesia.

2. Jadi “malaikat” bagi PSSI di masa kelam

Jadi Ketua DPD RI, Ini Jejak Kontroversi La Nyalla sebagai Ketum PSSIorganiside.co.id

Ketika menghadapi hukuman FIFA, praktis pendanaan PSSI mengalami masalah besar. Di kala-kala gelap seperti itu, La Nyalla menggunakan dana pribadinya untuk menyuntikkan napas bagi federasi yang dipimpinnya itu.

Untuk menjalankan liga dan operasional lain, dikabarkan, La Nyalla mengeluarkan dana dari kocek pribadinya hingga puluhan miliar, walau untuk saat ini, IDN Times belum mengonfirmasi jumlah angka pastinya.

Oleh karena itu pula, konon, La Nyalla menuntut PSSI untuk melunasi semua dana itu yang dianggap La Nyalla sebagai utang.

3. Lengser dalam waktu singkat dari PSSI karena kasus pencucian uang

Jadi Ketua DPD RI, Ini Jejak Kontroversi La Nyalla sebagai Ketum PSSIIDN Times/Vanny El Rahman

Seharusnya memimpin hingga 2019, nyatanya, La Nyalla lengser di tengah jalan. Kasus dana hibah dari Pemprov Jawa Timur yang menjeratnya, membawa nama La Nyalla ditetapkan jadi tersangka. Walau begitu, Pengadilan Tipikor Surabaya membebaskannya dari tuntutan.

Walau begitu, Kongres Luar Biasa PSSI 2016 menuntut La Nyalla untuk mundur. Nama Hinca Panjaitan kemudian ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI sebelum kemudian voters memilih nama sang Ketum ikonik, Edy Rahmayadi.

Baca Juga: La Nyalla Mahmud Mattalitti Terpilih Jadi Ketua DPD RI 2019-2024  

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya