Sempat Dilarang, Kini Tribun GBK Ramai oleh Jakmania

Larangan tanpa suporter dikeluarkan oleh surat kepolisian

Jakarta, IDN Times - Laga di AFC Cup 2019 antara Persija Jakarta melawan tamunya dari Filipina, Ceres Negros, sempat menimbulkan dilema. Di hari pelaksanaan laga tepatnya pada Selasa (23/4) pagi, pihak panpel Persija mengumumkan bahwa laga sejatinya akan dihelat tertutup atau tanpa penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, dari liputan IDN Times di lapangan, tampak ribuan suporter setia Persija, Jakmania, memadatai stadion yang dua kali dipakai sebagai tempat kampanye akbar belakangan ini. Beberapa petugas kepolisian yang berjaga di depan pintu masuk tribun juga tampak tak keberatan mempersilakan suporter masuk ke tribun.

1. Ada surat dari kepolisian yang melarang laga dengan penonton

Sempat Dilarang, Kini Tribun GBK Ramai oleh JakmaniaTwitter/@Persija_Jkt

Dari pemberitahuan di laman resmi Persija, Ketua Panpel Persija, Haen Rahmawan, mengimbau para suporter agar tidak datang ke stadion.

"Saya ingin merevisi pernyataan semalam, jadi ada keputusan perihal pihak kepolisian mengeluarkan surat status memberikan izin bermain tanpa penonton. Dengan demikian kita harus menjalankan apa yang diputuskan kepolisian,” ujar Haen Rahmawan, Ketua Panpel Persija.

Namun di menit-menit akhir jelang sepak mula, pihak kepolisian mengizinkan para Jakmania untuk menonton tim kesayangannya tersebut. "Kasihan mereka (Jakmania) sudah punya tiket tapi gak bisa masuk, jadi ini sudah keputusan dan saya dapat informasi itu dari atasan,” kata Kanit Patwal Polda Metro Jaya, Maruf, dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] Laga Persija vs Ceres Negros di GBK Resmi Tanpa Penonton!

2. Ribuan Jakmania padati GBK

Sempat Dilarang, Kini Tribun GBK Ramai oleh JakmaniaIDN Times/Isidorus Rio

Dari pantauan IDN Times, ribuan Jakmania memang tampak memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno baik di tribun bagian selatan atau pun di utara. Namun yang berbeda adalah tidak adanya tifo yang sedianya sudah dipersiapkan oleh para suporter di tribun. Ketiadaan tifo itu sendiri karena sebelumnya ada imbauan dari kepolisian bahwa laga sejatinya akan digelar tanpa penonton, maka dari itu tifo tersebut diturunkan oleh para suporter Persija.

3. Sampai menit 32, Persija masih ditahan imbang Ceres Negros

Sempat Dilarang, Kini Tribun GBK Ramai oleh JakmaniaTwitter/@Persija_Jkt

Di laga ini sendiri, sampai pada menit ke-32 di mana berita ini ditulis, tuan rumah Persija masih ditahan imbang oleh tamunya, Ceres Negros. Persija sebenarnya ada peluang unggul lebih dahulu utamanya di menit ke-21, namun sepakan penalti dari Bruno Matos bisa dimentahkan kiper lawan dan skor 0-0 bertahan sampai sejauh ini.

Baca Juga: [BREAKING] Jakmania Akhirnya Boleh Nonton Persija Kontra Ceres Negros

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya