Comscore Tracker

Jangan Tertipu Harga Thiago Alcantara!

Meski banderolnya murah, kualitas Thiago adalah premium!

Jakarta, IDN Times - Setelah 3 bulan lamanya mengejar tanda tangan sang pemain sejak bulan Juni, Liverpool akhirnya mendapatkan Thiago Alcantara. Dengan mahar yang relatif murah, £27 juta (dengan rincian £20 juta plus bonus), Thiago berlabuh ke Anfield dan menandatangani kontrak panjang selama 4 musim ke depan.

Sudah berusia 29 tahun, dibeli dengan biaya murah, namun jangan sampai itu membuat kamu tertipu. Meski hampir berkepala tiga dan biaya transfernya tak semahal para pemain-pemain bintang dunia lain saat ini, Thiago Alcantara adalah pembelian yang luar biasa oleh Liverpool.

Berikut beberapa detail statistik yang dirangkum IDN Times untuk memperkuat opini bahwa pembelian Thiago oleh Liverpool adalah pembelian yang tepat guna.

1. Thiago cocok dengan skuat Liverpool

Jangan Tertipu Harga Thiago Alcantara!Thiago Alcantara jadi rekrutan terbaru Liverpool. Twitter/@thiago6

Kekuatan utama Thiago Alcantara adalah akurasi umpannya yang luar biasa. Dari satu skill itu saja, Thiago sudah memberikan upgrade yang luar biasa untuk skuat Liverpool. di Liga Inggris, The Reds musim lalu termasuk salah satu tim yang doyan menguasai penguasaan bola. Di tiap pertandingan, mereka catatkan rata-rata 628,21 umpan. Secara total sendiri, Liverpool lepaskan 23.872 umpan selama musim 2019/2020 di Premier League, dengan tingkat akurasi 84 persen.

Lalu datanglah Thiago Alcantara.

Musim lalu, Thiago punya akurasi umpan sukses di angka 90,5 persen, di atas catatan milik tiga gelandang bertahan Liverpool lainnya yakni Jordan Henderson (84,5 persen), Naby Keita (88,8 persen), dan Fabinho (87 persen). Dari jumlah umpan per laga, Thiago juga lebih unggul dari ketiganya karena punya catatan 91,3 umpan per laga, jauh unggul dibanding Henderson (74,4 umpan), Keita (75 umpan), dan Fabinho (68,4 umpan).

Baca Juga: Thiago, Reguilon, dan Gareth Bale Meriahkan Liga Inggris!

2. Thiago Alcantara beri dimensi berbeda di lini tengah Liverpool

Jangan Tertipu Harga Thiago Alcantara!Thiago Alcantara berpose di ruang ganti stadion di Anfield. Twitter/@thiago6

Lahir dari keluarga asal Brasil dan memiliki ayah mantan pemain Timnas Brasil yakni Mazinho, Thiago Alcantara seolah diberkahi kemampuan olah bola dan dribel yang mengagumkan layaknya pemain berdarah Samba pada umumnya. Fakta bahwa ia dibesarkan di Spanyol, membuatnya punya skillset unik yang menarik karena selain andal dalam mengumpan, ia juga andal dalam melewati lawan.

Di catatan dribel musim lalu, Thiago Alcantara punya catatan 3,6 dribel per laga, jauh di atas Henderson (0,7 dribel) dan Fabinho (0,4 dribel), serta sedikit di atas catatan milik Naby Keita yakni 2,5 dribel.

Spesifikasi ini yang membuat Thiago tak hanya sebagai gelandang nomor 6 ortodoks yang diam di posnya, namun ia bisa jadi hybrid gelandang nomor 6 dan 8 alias sebagai pemain box to box.

3. Thiago membawa lini tengah Liverpool naik kelas ke level lebih tinggi

Jangan Tertipu Harga Thiago Alcantara!liverpool.com

Dengan kualitasnya dan sederet pengalaman juara bersama Bayern Munich dan Barcelona, Thiago Alcantara datang ke Liverpool untuk menaikkan level skuat The Reds. Di Liga Inggris sendiri, hampir tidak ada gelandang tengah atau gelandang bertahan dengan skillset seperti Thiago, yang membuat dirinya bisa jadi sosok pembeda.

Dan mengutip pernyataan Pep Guardiola, eks pelatih Thiago di Barcelona dan Bayern, "Untuk pemain yang pernah bermain di Barcelona dan Bayern, jelas dia sangat mampu untuk bermain di Liga Inggris," kata Pep dikutip dari Goal.

Baca Juga: Habis Thiago, Terbitlah Diogo Jota

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya