Jelang Final Piala AFF U-22, Indra Sjafri Kejar Gelar Kedua

Turnamen ini adalah debut Indonesia di Piala AFF U-22

Jakarta, IDN Times - Jelang laga final Piala AFF U-22, timnas Indonesia memang mencatatkan beberapa trivia menarik yang asyik untuk dikulik. Terlebih, kelolosan ke final ini menjadi sesuatu yang sebenarnya tidak masuk target dari tim pelatih dan federasi. Kondisi sepakbola Indonesia yang tengah carut-marut karena isu pengaturan skor, ditengarai menjadi alasan kenapa ekspektasi Indonesia di turnamen ini tak cukup tinggi.

Namun, di tengah semua skeptisme tersebut, Indonesia nyatanya sanggup lolos ke final. Lolosnya Indonesia ke final juga menjadi milestone menarik bagi sang pelatih, Indra Sjafri, juga raihan positif bagi Timnas U-22 itu sendiri.

1. Final kedua Indra Sjafri di kelompok umur

Jelang Final Piala AFF U-22, Indra Sjafri Kejar Gelar KeduaTwitter Indra Sjafri

Catatan manis Indra Sjafri lolos ke final Piala AFF U-22 ini memang membanggakan. Bagi sang pelatih, final ini merupakan final kedua Indra bersama timnas kelompok umur. Yang pertama, Indra sukses menjadi juara di Piala AFF U-19 2013, kala Indonesia mengalahkan Vietnam di partai final.

Kini, pelatih asal Padang itu sukses lolos ke final bersama generasi baru pemain muda Indonesia. Bila di 2013 ia menjuarai Piala AFF U-19 dengan barisan pemuda seperti Evan Dimas, Hansamu Yama Pranata, dan Ilham Udin Armaiyn, kini eks pelatih Bali United itu lolos ke final bersama generasi pemain muda baru seperti Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, dan Muhammad Luthfi Kamal.

Baca Juga: Optimisme Skuad Timnas U-22 Jelang Semifinal Piala AFF 2019

2. Final perdana Timnas U-22 di debut Piala AFF U-22

Jelang Final Piala AFF U-22, Indra Sjafri Kejar Gelar KeduaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Piala AFF U-22 sendiri merupakan turnamen pertama yang diadakan oleh AFF (Asosiasi Sepakbola ASEAN). Sebelumnya, Piala AFF hanya menyediakan turnamen serupa di kelompok umur U-16, U-19, dan timnas senior. Terakhir kali, AFF sempat mengadakan turnamen serupa terakhir kali pada tahun 2005 lalu. Kala itu, Thailand menjadi juara dengan mengalahkan Singapura 3-0 di partai puncak.

Kini, Indonesia akan meladeni raja sepakbola Asia Tenggara, Thailand, pada partai final yang akan dilangsungkan esok Selasa (26/2) di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja.

3. Adu top skor antara Indonesia dan Thailand

Jelang Final Piala AFF U-22, Indra Sjafri Kejar Gelar KeduaANTARA/Nyoman Budhiana

Di partai final nanti, kedua negara akan beradu dua pemain tajam di kompetisi yakni Marinus Wanewar (3 gol), penyerang andalan Indonesia, sementara dari kubu Thailand ada nama Saringkan Promsupa (2 gol). Uniknya, bila Marinus adalah penyerang andalan Indonesia, Promsupa sendiri adalah seorang bek tengah. Pemain berusia 21 tahun ini menjelma jadi mesin gol Thailand di Piala AFF U-22, meski ia notabene adalah pemain belakang.

Baca Juga: Sukses ke Final, Indra Sjafri Targetkan Juara Piala AFF U-22

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya