Beberapa Kondisi yang Tentukan Nasib Liverpool di Grup C

Liverpool di posisi sulit, tapi tidak mustahil untuk lolos

Jakarta, IDN Times - Walau bernasib sangat baik dan tengah dalam performa sempurna di Premier League, Liverpool justru tengah terancam masa depannya di Liga Champions musim ini. Menjelang matchday ke-6, mereka justru kedatangan tamu berat dari Italia, Napoli.

Napoli sementara ini adalah pemuncak klasemen Grup C dengan 9 poin, unggul satu angka dari Paris Saint-Germain (PSG) dan unggul tiga angka dari Liverpool di posisi ketiga. Di pertemuan pertama kedua tim, Napoli sukses tundukkan Liverpool dengan skor tipis, 1-0.

Dengan kondisi terjepit itu, berikut beberapa hal yang bisa terjadi bagiThe Reds di laga terakhir Grup C.

1. Liverpool lolos jika menang dengan skor 1-0 atau selisih 2 gol dari Napoli

Beberapa Kondisi yang Tentukan Nasib Liverpool di Grup Ctwitter.com/betsafe

Karena Liga Champions menggunakan sistem head-to-head, kemenangan dengan selisih 2 gol atas Napoli akan langsung membuat Liverpool menyalip Napoli. Hal ini bisa memungkinkan terjadi karena di kandang Napoli, Partenopei 'hanya' menang atas The Reds dengan skor 1-0. Namun, di Liga Champions musim ini, hanya PSG yang bisa cetak 2 gol ke gawang Napoli, dan laga itu pun berakhir dengan skor 2-2. Tapi jika skor 2-1 atau 3-2, Liverpool akan kalah head-to-head melawan Napoli.

Baca Juga: Yang Tersisa Usai Liverpool vs Everton

2. Jika PSG takluk di Belgrade, kemenangan Liverpool atas Napoli dengan skor berapa pun akan bawa mereka ke puncak klasemen

Beberapa Kondisi yang Tentukan Nasib Liverpool di Grup CTwitter/@LFC

Skema ini sebenarnya sedikit menguntungkan Liverpool jika mereka benar-benar memanfaatkan peluang yang ada. Laga PSG di markas Crvena Zvezda, misalnya. Bila Neymar dan kolega terjungkal di Belgrade, skor berapa pun yang diraih Liverpool bila menang atas Napoli, akan membawa mereka jadi pemuncak klasemen Grup CLagipula, kandang Crvena Zvezda sukses menyulitkan Liverpool dan Napoli.

3. Jika PSG imbang dan Liverpool menang 1-0, Liverpool lolos sebagai juara grup

Beberapa Kondisi yang Tentukan Nasib Liverpool di Grup CTwitter/@LFC

Kondisi unik lainnya adalah jika PSG imbang di Belgrade, sementara Liverpool menang, katakanlah dengan skor 1-0, maka ketiga tim akan punya nilai sama yakni 9. Tapi, sistem head-to-head akan membawa Liverpool finis sebagai juara grup, sementara Napoli runner-up.

Baca Juga: Kalahkan Bournemouth Dengan Skor Telak, Liverpool Raih Puncak Klasemen

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya