Comscore Tracker

Kualifikasi Piala Eropa 2020, Siapa Saja Sudah Pastikan Tiket Lolos?

24 negara akan meramaikan turnamen ini di tahun depan

Jakarta, IDN Times - Kualifikasi Piala Eropa 2020 masih akan berlanjut pada Selasa (15/10) dini hari ini hingga dua hari ke depan sebelum jeda internasional resmi berakhir di akhir pekan.

Per Senin (14/10) ini, di beberapa grup kualifikasi yang tersebar, 55 negara di kawasan Eropa sudah menemukan siapa saja yang kunci tiket untuk turnamen bergengsi Benua Biru pada tahun depan mendatang.

1. 4 negara sudah lolos ke putaran final

Kualifikasi Piala Eropa 2020, Siapa Saja Sudah Pastikan Tiket Lolos?Twitter/@thibautcourtois

Dari 55 tim yang ikut kualifikasi, baru 4 negara saja yang mengunci tiket lolos. Mengejutkannya, baru Belgia dan Italia, negara besar yang sudah kunci tiket lolos ke putaran final tahun depan.

Dua negara lainnya adalah Polandia dan Rusia, sementara negara mapan lain seperti Inggris, Belanda, Jerman, dan Spanyol, masih butuh 1 hingga 2 laga lagi untuk kunci tiket lolos ke Piala Eropa 2020.

Italia lolos sebagai juara Grup J, Belgia dan Rusia lolos sebagai juara/runner up Grup I, sementara Polandia lolos sebagai wakil Grup G.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Eropa 2020: Adu Generasi Baru Belanda dan Jerman

2. Tidak ada jatah lolos sebagai tuan rumah

Kualifikasi Piala Eropa 2020, Siapa Saja Sudah Pastikan Tiket Lolos?Twitter/@Goal

Kendati format baru Piala Eropa 2020 memastikan bahwa turnamen akan dihelat di 12 negara berbeda, UEFA memastikan bahwa ke-12 negara yang stadionnya dipakai berhak atas tiket otomatis.

Dengan 4 negara sudah kunci tiket lolos, masih ada 16 tiket lain yang akan diperebutkan hingga tengah pekan ini, sementara 4 tiket lain akan diberikan kepada jatah peserta UEFA Nations League lalu.

3. Inggris, Jerman, Spanyol, dan Belanda mungkin menyusul lolos pekan ini

Kualifikasi Piala Eropa 2020, Siapa Saja Sudah Pastikan Tiket Lolos?Twitter/@Squawka

Walau bersaing ketat, tampaknya negara-negara mapan Eropa kemungkinan besar akan memastikan kelolosan mereka pada tengah pekan ini.

Dari Grup A, Inggris bisa kunci tiket lolos jika mampu kandaskan perlawanan Bulgaria nanti. Dari Grup C, Belanda dan Jerman juga berpeluang kunci tiket lolos usai laga ketujuh mereka nanti. 

Juara UEFA Nations League, Portugal, juga berpeluang lolos andai menang di laga keenam mereka nanti. Cristiano Ronaldo dan kolega butuh satu kemenangan lagi untuk pastikan diri lolos dari Grup B bersama Ukraina.

Sementara itu, Spanyol di Grup F masih harus bersaing ketat bersama Swedia dan Norwegia yang masih bisa mengancam peluang jawara Eropa tahun 2008 dan 2012 itu.

Baca Juga: Keok di Praha, Inggris Rusak Catatan Positif di 10 Tahun Terakhir

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You