Ladeni Malaysia, Indonesia Raih Hasil Seri Kedua di Piala AFF U-22

Indonesia akan jalani laga ketiga untuk tentukan kelolosan

Jakarta, IDN Times - Laga antara dua rival yang bertetangga, Indonesia dan Malaysia, dilangsungkan pada Rabu (20/2) sore ini dalam laga kedua Grup B Piala AFF U-22. Di laga pertama sendiri, kedua negara sama-sama meraih hasil kurang positif, walau Indonesia sedikit lebih beruntung. Meladeni Myanmar, Garuda Muda ditahan 1-1, sementara Malaysia secara mengejutkan justru kalah dari tuan rumah Kamboja dengan skor 0-1.

Praktis, laga ini sendiri cukup menentukan bagi keduanya untuk buka peluang lolos ke babak selanjutnya. Di laga ini, Indra Sjafri membuat beberapa perubahan. Satria Tama, Firza Andika, Rafi Syarahil, Billy Keraf, dan Marinus Wanewar main sejak menit pertama. Indra juga menyimpan Witan Sulaiman yang di laga pertama sempat alami cedera di bangku cadangan.

Saling jual-beli serangan di babak pertama, serangan Indonesia U-22 yang dimotori oleh Gian Zola masih gagal membuahkan peluang matang. Sebaliknya, Malaysia juga tampil spartan dengan dimotori oleh M. Izzan Syahmi di lini tengah. Di jeda babak pertama, skor masih sama kuat 0-0, dengan kedua negara sama-sama tercatat mampu lepaskan 6 tembakan.

Di babak kedua, Indonesia membuka keunggulan lebih dahulu. Lepas dari kawalan lini belakang lawan, Marinus melepaskan tembakan yang bisa ditepis kiper lawan. Namun, bola muntah kembali disambar penyerang asal Papua itu untuk bawa Indonesia unggul 1-0.

Namun, keunggulan Indonesia di menit ke-52 tak bertahan lama. 10 menit berselang, Harimau Muda Malaya sukses samakan skor. Adalah tendangan bebas cerdik dari Nik Akif yang mampu memperdaya pagar betis Indonesia sekaligus Satria Tama dan bawa Malaysia samakan skor menjadi 1-1.

Intensitas laga yang mulai naik, membuat Indra memasukkan Witan di pertengahan babak kedua. Masuknya Witan meningkatkan serangan Garuda Muda. Di menit ke-77, Witan yang meliuk-liuk dari sisi kanan pertahanan Malaysia, sedikit melakukan cut inside lalu melepaskan tendangan jarak jauh yang menghujam gawang Malaysia untuk bawa Indonesia unggul 2-1.

Namun, sial bagi Rachmat Irianto dan kolega karena lagi-lagi Malaysia tampil spartan jelang akhir laga. Memanfaatkan skema bola mati dari Nik Akif, anak asuh Ong Kim Swee kembali menyamakan skor melalui sundulan penyerang muda andalan mereka, Hadi Fayyadh, pada menit ke-86. Skor 2-2 kemudian menjadi hasil akhir dari laga seru antara dua rival ini.

Di laga selanjutnya, Indonesia akan jalani laga hidup-mati untuk menentukan kelolosan dari Grup B dengan melawan tuan rumah Kamboja pada Jumat (22/2) sore.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya