Comscore Tracker

Lionel Messi, Raja LaLiga dari Catalonia

Kapten Barcelona ini cetak sejarah usai juarai LaLiga

Jakarta, IDN Times - Lionel Messi tak henti menorehkan prestasi. Di usianya yang sudah menginjak angka 31 tahun, kapten Barcelona ini belum menunjukkan tanda-tanda bahwa ia akan menurun, mulai bermain inkonsisten, dan menjadi terlupakan. Justru, kini, ia semakin matang dan memesona.

Setidaknya, itu yang terjadi usai Barcelona mengunci gelar LaLiga 2018/2019 usai mengalahkan Levante 1-0 pada Minggu (28/4) dini hari lalu. Gol tunggal dari La Pulga tak hanya mengunci gelar bagi timnya namun juga torehkan rekor luar biasa dalam prestasi individualnya.

1. Gelar LaLiga ke-10 bagi Lionel Messi

Lionel Messi, Raja LaLiga dari CataloniaIDN Times/Muhammad Rahmat Arief

Gelar LaLiga 2018/2019 yang baru saja diraihnya menorehkan sederet prestasi pribadi bagi Lionel Messi. Ini pertama kalinya ia menjuarai liga dengan status sebagai kapten tim. Sebelumnya, ia selalu menjadi wakil kapten setelah Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.

Selain itu, gelar ke-10 yang diraihnya ini membuat Messi menjadi satu-satunya pemain Barcelona dalam sejarah yang bisa memenangkan kompetisi LaLiga sebanyak 10 kali! Angka 10 tak hanya menjadi nomor punggung Messi namun juga menjadi angka penuh magis bagi La Pulga.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Terus di Puncak Performa, Kaka: Itu Efek Messi

2. Raihan trofi terbanyak ketiga sepanjang sejarah

Lionel Messi, Raja LaLiga dari Catalonialaliga.es

Dengan gelar LaLiga yang diraihnya pekan lalu, membuat raihan trofi Messi sepanjang kariernya kini genap berjumlah 34 trofi. Raihan ini menjadikannya pemain nomor urut ketiga di sejarah sepakbola Eropa dengan jumlah trofi terbanyak sepanjang kariernya.

Dengan raihan 34 trofi, hanya Ryan Giggs (35 trofi) dan mantan rekan setimnya, Dani Alves (36), yang punya jumlah trofi keseluruhan lebih banyak dari Messi. Bersama Giggs, Messi bahkan sama-sama meraih semua trofi tersebut bersama satu klub saja!

3. Main lebih sedikit, tapi masih lebih tajam dari siapa pun pemain di liga top Eropa musim ini

Lionel Messi, Raja LaLiga dari Cataloniafcbarcelona.com

Sejak musim 2008/2009, Lionel Messi tidak pernah bermain lebih sedikit dibanding apa yang ia jalani musim ini. Dari 54 laga yang sudah dijalani Barcelona, Messi 'hanya' bermain 38 laga, jumlah paling sedikit yang ia jalani sejak sepuluh tahun lalu.

Walau begitu, Messi nyatanya masih saja memimpin daftar top skor di sepakbola Eropa untuk perburuan Golden Boot di Eropa. Dari 32 laga sejauh ini di LaLiga, Messi sudah cetak 34 gol sejauh ini dan hanya Kylian Mbappe yang mampu mengejarnya dengan koleksi 30 gol di Ligue 1.

Baca Juga: Mourinho: Mbappe Lebih Bernilai Ketimbang Ronaldo dan Messi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You