Luis Maximiano, Kiper Muda yang Membuat Barcelona Tergoda

Siapa sebenarnya Maximiano ini dan bagaimana kiprahnya?

Jakarta, IDN Times - Usia Marc-Andre ter Stegen masih 28 tahun dan belum menunjukkan tren penurunan performa, namun Barcelona sudah bergerak cepat menyiapkan suksesor. Memang, kiper asal Jerman itu menyisakan kontrak hanya 2 tahun lagi dan segala hal bisa terjadi andaikata ter Stegen memutuskan tak perpanjang kontrak di Camp Nou. Maka dari, itu, Blaugrana kini mengincar satu nama: Luis Maximiano.

Maximiano saat ini bisa dibilang adalah kiper utama Sporting CP. Meski klubnya tertinggal jauh di persaingan gelar melawan FC Porto dan Benfica, performa sang kiper muda nyatanya memukau banyak klub. Dilaporkan media terkemuka Portugal, A Bola, setidaknya ada FC Barcelona dan AC Milan yang berminat kepada kiper yang didatangkan Sporting dari tim junior SC Braga ini.

Lalu, siapa Maximiano dan bagaimana kiprahnya musim ini?

1. Luis Maximiano dikenal andal dalam duel 1 vs 1

Luis Maximiano, Kiper Muda yang Membuat Barcelona TergodaKiper muda Sporting CP, Luis Maximiano, masuk dalam radar Barcelona. www.transfermarkt.com
https://www.youtube.com/embed/6l8DmNOErNM

Dipromosikan ke tim senior sejak musim 2018/2019, Luis Maximiano baru mencicipi debut di Sporting CP pada musim 2019/2020. Pasalnya, performa Renan Ribeiro, kiper utama Sporting musim ini, mulai menurun sejak awal musim. Praktis, nama Maximiano kemudian muncul ke permukaan.

Dari rekaman video seperti bisa kamu tonton di atas, kiper berusia 21 tahun ini terkenal piawai dalam mementahkan tembakan dari jarak dekat. Singkat kata, dari apa yang tampak di video, kiper setinggi 190 sentimeter ini andal dalam duel 1 vs 1 dengan pemain lawan di mana ia mampu bergerak cepat menutup ruang tembak.

Selain itu, di beberapa cuplikan juga nampak bahwa sang kiper muda mampu diandalkan dalam situasi tendangan penalti. Tercatat, ada 4 sepakan 12 pas yang mampu dimentahkan dengan brilian oleh Maximiano berdasarkan video di atas. Di musim debutnya ini, Maximiano sudah bermain 16 kali di 27 laga Liga NOS dan kebobolan 16 kali serta mampu clean sheet dalam 7 laga.

Baca Juga: Sedang Cari Kiper Baru, Chelsea Ingin Datangkan Marc Andre ter Stegen

2. Bukan produk asli akademi Sporting

Luis Maximiano, Kiper Muda yang Membuat Barcelona TergodaLuis Maximiano sudah jadi kiper andalan Sporting CP musim ini, pada musim debutnya bersama klub. Twitter/@luismaximiano81

Sempat disebut-sebut sebagai suksesor Rui Patricio di Sporting CP, Luis Maximiano sejatinya bukan produk asli akademi klub yang juga mengorbitkan megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Maximiano kecil kala itu direkrut dengan status bebas transfer pada usia 12 tahun dari tim junior SC Braga.

Dari sana, ia meniti karier junior sejak Sporting U-15, U-17, U-19, sebelum akhirnya dipromosikan ke tim utama sejak awal musim 2018/2019. Sayang, pada musim itu, ia sama sekali tak diberi kesempatan untuk debut di tim senior.

3. Butuh waktu untuk menyamai level ter Stegen, tapi Maximiano punya potensi

Luis Maximiano, Kiper Muda yang Membuat Barcelona TergodaLuis Maximiano berbicara di konferensi pers jelang laga Europa League Istanbul Basaksehir vs Sporting CP, (26/2). Ahmet Bolat/Anadolu Agency

Namun satu catatan penting, meski kedua kakinya sama-sama hidup dan sama-sama kuat, Maximiano masih punya sedikit kekurangan. Ia belum terlalu cakap mendistribusikan bola dari belakang. Tentu, ini jadi highlight krusial jika ia nanti ingin hijrah ke Barcelona dan jadi deputi salah satu sweeper-keeper terbaik dunia saat ini, Marc-Andre ter Stegen.

Dari data yang disajikan WhoScored, Maximiano punya akurasi umpan sukses sebesar 76 persen dari 16 laga yang dimainkan di Liga NOS musim ini. Untuk umpan panjang yang sukses sendiri, ia "hanya" punya rata-rata 4,9 per laga.

Tentu ini jadi tantangan penting bagi kiper yang memakai nomor punggung 81 ini. Apalagi, jika benar nantinya Barcelona datang menawarkan kontrak dan ia dipersiapkan jadi deputi ter Stegen.

Dilansir dari Transfermarkt sendiri, Maximiano sejatinya punya banderol sangat murah yakni 2 juta euro saja. Namun dengan rumor ketertarikan Barcelona dan Milan, besar kemungkinan Sporting CP akan menaikkan banderolnya di angka 15-16 juta euro mengingat kapabilitas sang kiper muda potensial.

Baca Juga: 7 Pembelian Termahal dalam Sejarah Barcelona, Deretan Pemain Bintang!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya