Malaysia Tak Kunjung Minta Maaf, Tagar #ShameOnYouSyedSaddiq Membahana

4 hari pasca-kejadian, Malaysia tak jua meminta maaf

Jakarta, IDN Times - Tak kunjung meminta maaf kepada pemerintah Indonesia, Menteri Suka dan Belia Malaysia, Syed Saddiq, diserbu warganet di lini masa Twitter. Sampai dengan Sabtu (24/11) siang ini, tagar #ShameOnYouSyedSaddiq masuk daftar trending topic di Indonesia.

1. Warganet geram dengan Syed Saddiq yang menyebut ksus pengeroyokan dan penusukan suporter Indonesia sebagai hoaks

Malaysia Tak Kunjung Minta Maaf, Tagar #ShameOnYouSyedSaddiq MembahanaMenpora-nya Malaysia, Syed Saddiq. instagram/syedsaddiq

Di lini masa Twitter per siang ini saja, ada sekitar 8.800-an twit yang menggunakan tagar #ShameOnYouSyedSaddiq. Warganet yang hampir seluruhnya pengguna Twitter asal Indonesia ini mengkritik sikap Menpora-nya Malaysia ini dalam menangani kasus pengeroyokan suporter Indonesia di Malaysia.

Alih-alih meminta maaf dan klarifikasi, Saddiq, di unggah videonya, juga menyebutkan bahwa ada kemungkinan video pengeroyokan suporter itu adalah hoaks belaka.

Baca Juga: Tak Ucap Kata Maaf, Syed Saddiq Sebut Penusukan Suporter adalah Hoaks

2. KBRI pastikan bahwa ada suporter Indonesia yang dikeroyok dan dirampas paspornya oleh pendukung Malaysia

Malaysia Tak Kunjung Minta Maaf, Tagar #ShameOnYouSyedSaddiq MembahanaPara suporter Indonesia kala mengantre tiket di Stadion GBK, Jakarta. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Lebih lanjut, Kemenpora yang berkoordinasi intensif dengan KBRI di Kuala Lumpur juga sudah mengonfirmasi bahwa ada WNI yang sehari sebelum pertandingan melaporkan tindak pengeroyokan oleh suporter Malaysia.

 "Sehari sebelum laga, ada salah satu korban pengeroyokan bernama Fuad yang menyambangi KBRI. Dari laporannya, ia mengalami pengeroyokan oleh suporter Malaysia dan paspornya diambil paksa kala itu. Sesuai fungsi pelayanannya, KBRI lalu menerbitkan SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) untuk Fuad. Fuad sendiri kini sudah kembali ke Indonesia," ujar Yusron.

3. Dugaan pengeroyokan terjadi imbas laga Malaysia vs Indonesia di Bukit Jalil

Malaysia Tak Kunjung Minta Maaf, Tagar #ShameOnYouSyedSaddiq MembahanaAndik Vermansyah mencoba kuasai bola saat Timnas Indonesia bentrok dengan Malaysia. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Untuk diketahui sebelumnya, dugaan pengeroyokan dan perampasan paspor serta upaya penusukan santer diberitakan usai laga Malaysia vs Indonesia pada Selasa (19/11) lalu.

KBRI sendiri sempat menuturkan bahwa ada WNI yang melapor ke KBBI bahwa ia dikeroyok dan paspornya dirampas oleh pendukung Malaysia. Selain itu, kabar penusukan juga turut dibenarkan walau hoaks terkait korban tewas sudah diluruskan dan itu terbukti tak benar ada korban WNI yang meninggal dunia.

Baca Juga: 3 Pesan Kekecewaan dalam Surat Kemenpora kepada Pemerintah Malaysia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya