Comscore Tracker

Manchester United Mau Bayar 30 Juta Pounds, Siapa Jude Bellingham Ini?

Baru berusia 16 tahun, Bellingham sudah memikat atensi!

Jakarta, IDN Times - Di tengah rumor transfer antara Manchester United dengan gelandang Sporting CP, Bruno Fernandes, muncul nama pemain muda berusia 16 tahun, Jude Bellingham.

Namanya mencuat begitu saja ke permukaan sebagai calon pemain baru Setan Merah. Goal dan The Athletic kompak melaporkan bahwa Manchester United siap menggelontorkan dana senilai 30 juta poundsterling untuk memboyong Bellingham ke Old Trafford.

Tapi sebentar, siapa sebenarnya Jude Bellingham ini?

1. Ini musim perdananya di tim senior Birmingham City

Manchester United Mau Bayar 30 Juta Pounds, Siapa Jude Bellingham Ini?Gelandang muda Birmingham City, Jude Bellingham. Twitter/@bellinghamjude

Jude Bellingham adalah produk akademi Birmingham City. Dan kebetulan, musim 2019/2020 adalah musim perdananya dipromosikan ke tim senior. Bukan tanpa sebab, karena bocah berusia 16 tahun itu memang punya talenta.

Di usia yang masih sangat belia, ia sudah berpengalaman membela Timnas Inggris sejak kelompok umur U-15, U-16, hingga U-17.

Dan musim ini saja, di Divisi Championship, ia sudah bermain 25 kali dan sukses mencetak 4 gol sejauh ini. Catatan gol yang hanya kalah dari top skor klub, Lukas Jutkiewicz!

Musim ini, Bellingham memang jadi andalan di lini tengah Birmingham bersama eks pemain Arsenal, Dan Crowley, serta gelandang sayap eksplosif, Jeremie Bela.

Baca Juga: Gagal Dapatkan Erling Haaland, Manchester United Dekati Edinson Cavani

2. Banderolnya hanya 2,5 juta pounds, tapi MU siap bayar 30 juta pounds!

Manchester United Mau Bayar 30 Juta Pounds, Siapa Jude Bellingham Ini?Gelandang muda Birmingham City, Jude Bellingham. Twitter/@bellinghamjude

Dikutip dari laman Transfermarkt sendiri, banderol asli pemain kelahiran Stourbridge ini sejatinya hanya 2,5 juta pounds saja. Apalagi, kontraknya juga tersisa satu tahun saja yakni sampai Juli 2021.

Namun, karena Manchester United terdesak untuk membeli gelandang baru imbas dari cederanya Paul Pogba dan Scott McTominay, plus ini adalah bursa transfer Januari di mana klub lain tak terlalu buru-buru melepas pemain, harga Bellingham pun melambung.

Banderol 30 juta pounds sendiri dinilai cukup wajar mengingat potensi besar sang pemain. Apalagi, ia sudah mentas di tim senior dan punya potensi besar jadi pemain bintang di masa depan, persis seperti Daniel James, yang didatangkan Ole Gunnar Solskjaer dari Swansea City.

3. Bellingham sangat mungkin merapat ke Old Trafford di akhir Januari nanti, tapi tak akan langsung bermain bagi United

Manchester United Mau Bayar 30 Juta Pounds, Siapa Jude Bellingham Ini?Gelandang muda Birmingham City, Jude Bellingham. Twitter/@bellinghamjude

Dari rumor yang beredar, Bellingham meminta klausul peminjaman kembali ke Birmingham City tepat setelah proses transfernya ke United rampung. Pasalnya, ia ingin mencicipi menit bermain di tim utama lebih banyak, satu hal yang tampaknya akan sulit ia dapatkan di United dalam waktu dekat.

Mampu bermain sama baiknya di lini tengah baik sebagai gelandang tengah atau gelandang sayap kiri dan kanan, pemain setinggi 180 sentimeter ini bisa jadi aset masa depan yang menawan untuk Setan Merah.

Apalagi, Manchester United juga tengah buntu dalam upaya mereka memboyong Bruno Fernandes dari Sporting, maka upaya untuk mendatangkan Bellingham bisa jadi investasi yang cukup oke dilakukan di bulan Januari ini.

Baca Juga: Marcus Rashford Cedera, Manchester United Buru Striker Baru

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya