Jeison Murillo, Opsi Jangka Pendek bagi Barcelona

Bek asal Kolombia ini bisa jadi pelapis yang berkualitas

Jakarta, IDN Times - Jelang bursa transfer musim dingin, pemimpin klasemen sementara LaLiga, Barcelona, sukses merampungkan satu transfer strategis. Kami sebut strategis karena kesuksesan mengamankan peminjaman Jeison Murillo dari Valencia bisa vital untuk strategi jangka pendek Blaugrana di tahun 2019.

Murillo sendiri akan diperkenalkan secara resmi ke publik Camp Nou pada 27 Desember 2018 nanti. Setelahnya, ia baru akan bergabung bersama tim per 1 Januari 2019 ketika bursa transfer dibuka. Dan berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Murillo adalah opsi jangka pendek yang ideal bagi Barcelona.

1. Opsi realistis bagi Barcelona

Jeison Murillo, Opsi Jangka Pendek bagi BarcelonaTwitter/@JeisonMurillo19

Murillo, seperti diketahui, bukan pemain utama di Valencia musim ini. Hadirnya Gabriel Paulista yang dibeli dari Arsenal, serta sosok Ezequiel Garay, membuat nama Murillo jadi nama ketiga setelah kedua nama tersebut. Bahkan, Murillo juga sering jadi opsi keempat bahkan kelima setelah Ruben Vezo dan Mouctar Diakhaby.

Namun, sisi inilah yang dicari Barcelona. Di skuat saat ini, bek inti adalah Gerard Pique, Samuel Umtiti, dan Clement Lenglet. Namun, kondisi Umtiti yang rentan cedera, ditambah Thomas Vermaelen yang alami masalah serupa, membuat Pique dan Lenglet tak punya pelapis.

Murillo memang didatangkan untuk menebalkan skuat Barcelona, khususnya di sektor bek tengah. Itu yang membuat transfer ini sangat masuk akal.

Baca Juga: Tolak Perpanjangan Kontrak PSG, Rabiot Belum Pasti Gabung Barcelona

2. Gaya main Murillo cukup familiar dengan Barcelona

Jeison Murillo, Opsi Jangka Pendek bagi BarcelonaTwitter/@JeisonMurillo19

Musim ini, Murillo baru bermain dua kali bersama Los Che. Dari dua laga itu, ia punya akurasi umpan sukses menyentuh angka 94.1%. Angka ini cukup lumayan, mengingat ia bukan bek tengah dengan kualitas kelas satu.

Di musim 2017/2018, Murillo juga punya akurasi umpan sukses sebesar 89.4%. Ini menunjukkan bahwa ia termasuk salah satu bek modern dengan kapabilitas memainkan umpan pendek. Ini mungkin salah satu pertimbangan kenapa Ernesto Valverde memutuskan meminjam eks bek Inter Milan ini.

3. Harganya murah jika akan ditebus di akhir peminjaman

Jeison Murillo, Opsi Jangka Pendek bagi BarcelonaTwitter/@JeisonMurillo19

Seperti nilai yang disepakati kedua tim, harga bek berusia 26 tahun ini nantinya bisa ditebus dengan harga 25 juta euro di akhir masa peminjaman. Untuk nilai yang harus ditebus bagi seorang pemain yang diproyeksikan sebagai pemain pelapis, angka ini sudah cukup masuk akal dan terjangkau.

Baca Juga: Krisis Bek, Barcelona Incar Kapten Manchester City

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya