Mekar Mewangi Ansu Fati

“When you are good enough, you are old enough”

Jakarta, IDN Times - Nama lengkapnya cukup unik: Anssumane Fati. Lahir pada 31 Oktober 2002, Ansu, nama akrabnya, baru berusia 16 tahun ketika ia catatkan debut bersama tim senior Barcelona di pekan kedua LaLiga saat berhadapan dengan Real Betis.

Cederanya Lionel Messi dan Ousmane Dembele, seakan membuka pintu kesempatan bagi Ansu Fati untuk mentas di tim utama Barcelona. Dan hanya dalam dua laga berikutnya di liga, bocah berusia 16 tahun itu sudah catatkan 2 gol dan 1 asis, serta menjadi pemain yang lebih dipilih Ernesto Valverde dibandingkan Luis Suarez.

1. Berkah dari kondisi internal Barcelona

Mekar Mewangi Ansu Fatisoyfutbol.com

Dalam beberapa musim terakhir, Barcelona memang dikritik karena tak memberi banyak kesempatan bagi alumnus akademi mereka yang tersohor itu, La Masia. Padahal, sosok seperti Messi saja lahir dari sana.

Selama beberapa musim terakhir, nama-nama mahal seperti Dembele, Philippe Coutinho, bahkan Malcom, didatangkan dengan bujet mahal tapi justru tak jadi andalan di skuat utama.

Sampai kemudian hadir Ansu Fati. Lama dikaitkan dengan Neymar di bursa transfer musim panas, Barcelona harus gigit jari karena sang pemain termahal dunia tak jua kembali ke Camp Nou.

Keadaan semakin pelik ketika Coutinho sudah dilepas ke Bayern, sementara Malcom dijual ke Zenit St. Petersburg. Seakan memperburuk keadaan, Messi dan Dembele pun terkapar cedera dan hanya menyisakan Antoine Griezmann dan Suarez saja di lini serang.

Ini titik awal naiknya Ansu Fati ke pentas.

Baca Juga: Bocah 16 Tahun Cetak Gol, Barcelona Gagal Tundukkan Osasuna

2. “When you are good enough, you are old enough”

Mekar Mewangi Ansu FatiInstagram/fcbarcelona

Mungkin mirip dengan kasus Kylian Mbappe yang mekar bersama Monaco dan kini menjadi salah satu penyerang terbaik dunia di usia yang baru menginjak 20 tahun: “when you are good enough, then you are old enough.”

Dipercaya untuk tampil dengan bintang-bintang terbaik Blaugrana, Ansu Fati seakan tak gentar. Ia bermain dengan penuh percaya diri memamerkan kemampuan terbaiknya, bahkan ia menjadi pilihan utama saat ini ketika Messi dan Suarez belum fit 100 persen.

Gaya main Fati yang atraktif juga mengingatkan publik Camp Nou kepada momen di mana Messi dahulu mentas ke tim utama Barcelona. Gerak kakinya lincah, dribelnya memukau, dan mampu mencetak gol atau asis dengan gaya yang mengundang decak kagum.

3. “Restu” langsung dari Lionel Messi

Mekar Mewangi Ansu FatiInstagram/@LeoMessi

Usai laga debut Ansu Fati melawan Betis, di mana alumni La Masia lainyya, Carles Perez, turut menyumbangkan asis dan gol, Messi langsung mengunggah foto saat dirinya memeluk Fati.

”Laga yang luar biasa dan tiga angka pertama di musim ini yang fantastis. Sangat bahagia melihat anak-anak muda dari akademi memenuhi mimpinya bermain di tim utama dan bahkan mencetak gol di laga resmi kala bermain di Camp Nou,” tulis Messi di caption unggahannya tersebut.

Walau unggahan itu didedikasikan untuk Perez dan Fati, namun nama kedua-lah yang terus mencuri atensi hingga pekan ini. Yang terbaru, di laga Liga Champions menghadapi Borussia Dortmund, Ansu Fati diberikan debut di kompetisi terakbar Benua Biru tersebut.

4. Pertanyaannya kemudian, negara mana akan dapatkan jasa Fati?

Mekar Mewangi Ansu Fatisoccernews.ru

Di akun Instagram pribadinya, Ansu Fati yang bulan depan akan berusia 17 tahun ini mencantumkan bendera negara tempat ia dilahirkan, Guinea-Bissau. Namun, uniknya, ia juga punya peluang untuk membela Spanyol dan Portugal.

Bila kedua negara di Semenanjung Iberia itu mampu meyakinkan Fati untuk menepikan tanah kelahirannya demi membela negara tempat ia mengasah ilmu sepakbolanya, Eropa mungkin akan berkesempatan menyaksikan bintang baru yang siap lahir dari La Masia.

Baca Juga: Ansu Fati Pecahkan Rekor, Namun Barcelona Gagal Tundukkan Osasuna

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya