Comscore Tracker

Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier League

Ia memutuskan pensiun di akhir musim 2018/2019 nanti

Jakarta, IDN Times - Per Selasa (15/1) lalu, salah satu kiper terbaik Premier League sekaligus legenda sepakbola Republik Ceko, Petr Cech, mengumumkan kepada publik bahwa ia akan pensiun dari lapangan hijau pada akhir musim 2018/2019. Walau banyak mendapat kritikan dalam dua tahun terakhir kariernya bersama Arsenal, kiper berusia 36 tahun ini layak dikenang sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

1. Lahir di Plzen dan memiliki saudara kembar berjumlah dua orang

Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier Leaguewww.dnaindia.com

Cech kecil lahir di Plzen, Ceko, dengan dua saudara lainnya. Uniknya, ia lahir sebagai kembar tiga dengan dua adik lainnya adalah seorang perempuan dan seorang laki-laki. Saudara kembar perempuan dari kiper setinggi 196 sentimeter ini bernama Sarka, sementara saudara kembar laki-lakinya bernama Michal. Michal sendiri telah berpulang karena penyakit saat mereka bertiga berusia 2 tahun.

Baca Juga: Petr Cech Catatkan Rekor Baru Saat Gagalkan Penalti Pemain Watford

2. Menggebrak di Inggris pada musim 2004/2005

Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier LeagueTwitter/@ChelseaFC

Datang ke Chelsea pada awal musim 2004/2005, ia langsung menggebrak Negeri Ratu Elizabeth. Setahun sebelumnya, publik Britania sebenarnya sempat terhenyak ketika skuat asuhan Arsene Wenger, Arsenal, menjuarai liga tanpa terkalahkan. Tepat semusim berselang, ganti Cech yang menggebrak Premier League. Di musim debutnya, ia langsung antarkan Chelsea menjadi juara liga sekaligus menjadi kiper dengan catatan kebobolan paling sedikit yakni 15 kali saja dalam semusim penuh!

3. Horor di tahun 2006

Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier LeagueTwitter/@Arsenal

Walau bergelimang trofi dan kejayaan, Cech juga sempat alami horor yang hampir merenggut nyawanya. Pada sebuah laga melawan Reading, kepala Cech berbenturan dengan kaki pemain Reading, Stephen Hunt. Tengkorak kepalanya retak dan ia harus absen lama dari lapangan hijau.

Eks kiper Rennes itu baru kembali bermain pada Januari 2007, namun ia diharuskan memakai helm pelindung yang kini identik dengan dirinya sampai saat ini. Peristiwa retaknya tulang tengkorak itu hampir merenggut nyawanya, namun untungnya ia pulih dan kembali berkarier bahkan menjuarai Liga Champions pada musim 2011/2012.

4. Hijrah ke Arsenal untuk menutup karier

Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier LeagueTwitter/@Arsenal

Tersingkir dari tim utama Chelsea karena kegemilangan kiper muda kala itu, Thibaut Courtois, Cech kemudian menerima pinangan Arsenal untuk hijrah ke sisi utara London pada awal musim 2014/2015. Ia menjadi kiper utama The Gunners sampai awal musim 2018/2019, namun pelatih baru Arsenal, Unai Emery, kemudian memercayakan gawang timnya dikawal rekrutan baru asal Jerman, Bernd Leno.

Seiring kontraknya yang akan habis pada akhir musim 2018/2019, Selasa (15/1) kemarin, kiper ikonik Premier League ini memutuskan pensiun.

5. Bergelimang rekor di Premier League

Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier LeagueTwitter/@ChelseaFC

Sejak datang ke Premier League di tahun 2004, Cech menahbiskan diri sebagai kiper terbaik di liga paling populer di dunia itu. Ia, sampai detik ini, menjadi satu-satunya kiper yang pernah memenangi gelar Golden Glove di Premier League dengan dua tim berbeda yakni Chelsea dan Arsenal.

Selain rekor itu, ia juga menjadi kiper dengan penampilan paling sedikit untuk meraih 100 clean sheets dalam 180 penampilan. Ia juga memegang catatan clean sheets terbanyak di satu musim kompetisi dengan 24 clean sheets, rekor yang masih bertahan sampai saat ini. Rekor terakhir adalah kiper dengan catatan clean sheets terbanyak yakni 202 kali. Ini adalah catatan clean sheets terbanyak di sepanjang sejarah Premier League.

Baca Juga: [BREAKING] Petr Cech Umumkan Pensiun di Akhir Musim 2018/2019

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You