Mengenal Jean-Clair Todibo, Pemuda Prancis Rekrutan Baru Barcelona

Direkrut Barcelona dengan status bebas transfer

Jakarta, IDN Times - Setelah merampungkan transfer Jeison Murillo, Barcelona akhirnya resmi mendapatkan satu bek baru. Dia adalah Jean-Clair Todibo. Pemuda berusia 19 tahun ini didatangkan dari Toulouse dan baru akan bergabung bersama Barcelona pada Juli 2019.

Namanya memang masih sangat asing, mengingat baru musim ini ia dipromosikan ke tim utama Toulouse setelah sebelumnya ada tim U-18. Pada musim 2018/2019, Todibo bermain sebanyak 10 kali bersama Toulouse sejauh ini dan sukses cetak 1 gol. Walau begitu, namanya sudah santer dikaitkan menjadi buruan Barcelona dan akhirnya transfer itu resmi per 1 Juli 2019.

1. Lahir di Cayenne, ibu kota Prancis-Guyana

Mengenal Jean-Clair Todibo, Pemuda Prancis Rekrutan Baru BarcelonaTwitter/@jctodibo

Todibo lahir di Cayenne, ibu kota Guyana, daerah teritori Prancis di Amerika Selatan, pada 30 Desember 1999. Pemain yang memilih Prancis sebagai kewarganegaraannya ini bermain bagi klub amatir, FC Les Lilas, sebelum akhirnya hijrah ke Toulouse pada tahun 2016.

Dia membuat debutnya bersama klub dengan warna dominan ungu ini pada awal musim 2018/2019 saat baru berusia 18 tahun. Dia bermain di laga melawan Bordeaux dan sejauh ini sudah catatkan 10 penampilan di Ligue 1 di mana semuanya sebagai pemain inti.

Baca Juga: Jeison Murillo, Opsi Jangka Pendek bagi Barcelona

2. Bisa main sebagai bek tengah dan gelandang

Mengenal Jean-Clair Todibo, Pemuda Prancis Rekrutan Baru BarcelonaTwitter/@jctodibo

Posisi natural Todibo sendiri adalah seorang bek tengah. Namun, beberapa kali ia fasih dimainkan sebagai gelandang bertahan atau gelandang tengah. Posisi ini beberapa kali ia mainkan di klub dan timnas. Pada 2018 lalu, ia juga sudah dua kali dipanggil oleh Prancis U-20, bermain bersama gelandang belia milik Arsenal, Matteo Guendouzi.

3. Tipikal pemain yang dibutuhkan Barcelona

Mengenal Jean-Clair Todibo, Pemuda Prancis Rekrutan Baru BarcelonaTwitter/@jctodibo

Barcelona sebagai tim yang sangat possesion-based memang gemar memilih pemain yang mampu bermain nyaman dengan bola di kakinya. Todibo pun termasuk dalam kategori ini. Untuk akurasi umpan sukses, ia catatkan angka di 84,6 persen. Salah satu hal krusial yang tampaknya dicari Barcelona.

Dengan tinggi badan 189 sentimeter, Todibo termasuk pemain yang tangguh di duel bola udara. Sekilas, dengan kapabilitas fisik dan kemampuannya beradu duel udara, sosoknya akan mengingatkan penggemar Barcelona pada salah satu bek terbaik produk La Masia, Gerard Pique.

Baca Juga: Adrien Rabiot Hijrah ke Barcelona pada Juni 2019

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya