Comscore Tracker

5 Pemain Brasil yang Datang ke Indonesia Bukan Wonderkid

Bahkan, 5 pemain muda itu tak punya profil di Transfermarkt

Jakarta, IDN Times - Secara mendadak, Indonesia kedatangan 5 pemain asal Brasil. Dari kelimanya, dua pemain sudah ikut berlatih bersama Arema FC, sementara dua pemain lainnya ikut latihan bersama klub ibu kota, Persija. Yang terbaru, satu pemain lagi baru saja bergabung bersama Madura United.

Yang jadi pertanyaan adalah, ada media yang coba menyebutkan bahwa pemain-pemain muda Brasil ini adalah wonderkid asal Negeri Samba. Klaim ini tentu pelik karena pemain-pemain Brasil ini berencana dinaturalisasi oleh klub-klub Liga 1 dan tentu saja berpeluang membela Timnas Indonesia.

Namun, benarkah klaim soal wonderkid tersebut?

1. Arema FC secara terang-terangan mengaku ingin menaturalisasi dua pemain muda Brasil

5 Pemain Brasil yang Datang ke Indonesia Bukan WonderkidInstagram/aremafcofficial

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, secara terbuka kepada media mengakui bahwa Singo Edan berencana menaturalisasi dua pemain muda Brasil ini. 

"Brasil adalah salah satu negara produsen pemain berkualitas. Kebetulan, Arema FC mendapatkan tawaran untuk merekrut pemain muda. Mereka juga sangat berkeinginan untuk bermain di Indonesia. Maka, kami menyambutnya sebagai bagian dari investasi jangka panjang,” tutur Ruddy Widodo, Kamis (20/8/2020).

Baca Juga: Ada Apa di Balik Rencana PSSI Naturalisasi Pemain dari Brasil?

2. Pemain-pemain Brasil ini sulit dicari rekam jejaknya dan sangat layak dipertanyakan jika diberi label wonderkid

5 Pemain Brasil yang Datang ke Indonesia Bukan WonderkidThiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima sudah latiha bersama Persija. (persija.id)

Mencoba membuktikan klaim soal wonderkid asal Brasil, IDN Times mengecek rekam jejak karier pemain-pemain Brasil ini di laman Transfermarkt. Untuk dua penggawa di Arema FC, yakni Hugo Guilherme dan Pedro Henrique, keduanya tak berhasil kamu temukan jejaknya di laman Transfermarkt. Untuk pemain yang dilabeli sebagai wonderkid, tentu aneh jika statusnya bahkan tidak ada di Transfermarkt yang bahkan memberi slot untuk pemain-pemain muda Indonesia seperti David Maulana dan Bagus Kahfi.

Sementara itu, untuk dua pemain Brasil yang ada di Persija, IDN Times juga tak menemukan profil keduanya di Transfermarkt. Kedua pemain itu bernama Thiago Apolina dan Maike Henrique. Namun, keduanya disebut pernah bermain di Corinthians dan Paulista. Bahkan, rumor beredar bahwa Thiago dan Maike sempat diproyeksikan memperkuat Timnas Brasil U-20 di Piala Dunia U-20 tahun depan namun tercoret dari seleksi.

3. Madura United juga terima 1 pemain muda Brasil

5 Pemain Brasil yang Datang ke Indonesia Bukan WonderkidPemain muda Brasil yang jalani latihan bersama Madura United. Twitter/@maduraunitedfc

Selain keempat nama yang ada di Arema FC dan Persija, satu pemain baru juga mendarat di Madura United yakni Robert Junior Rodrigues Santos. Pemain muda kelahiran tahun 2001 ini punya tinggi badan 196 sentimeter dan rencananya juga akan dinaturalisasi oleh Madura United sebagai bagian dari apa yang mereka sebut "investasi jangka panjang".

Sama seperti keempat kompatriotnya, Robert Junior juga tak kami temukan data dan statistik mainnya di lama Transfermarkt.

Bila mengacu pada rumor yang beredar, setelah 5 pemain ini, akan ada 3 pemain muda asal Brasil yang akan menyusul tiba di Indonesia dalam waktu dekat. Namun, belum ada siapa ketiga pemain ini dan mereka akan berlatih atau bergabung di klub mana.

Baca Juga: Arema FC Berencana Naturalisasi Duo Brazil  

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya