Comscore Tracker

Persela vs Madura United: Derby Jatim Pertama di Pekan Perdana

Persela akan meladeni Los Galacticos milik Madura

Jakarta, IDN Times - Persela akan menjalani laga perdana mereka di Shopee Liga 1 2019 dengan menjamu sesama klub Jawa Timur, Madura United, pada Jumat (17/5) malam esok di Stadion Surajaya, Lamongan. Laga ini sendiri sekaligus menandakan derby Jawa Timur pertama yang terjadi langsung di pekan perdana.

Bagaimana peluang kedua tim di laga ini? Dan, bagaimana kondisi masing-masing skuat jelang derby ini?

1. Persela bermasalah dengan fisik pemain

Persela vs Madura United: Derby Jatim Pertama di Pekan PerdanaInstagram/@perselafc

Di kubu tuan rumah, permasalahan besar yang dipermasalahkan adalah kondisi fisik pemain. Hal itu diucapkan langsung sang pelatih, Aji Santoso.

"Secara keseluruhan dari cara bermain dan hal teknis, seluruh pemain sudah siap ikut kompetisi dan bermain, namun masih ada sedikit kendala terkait kondisi fisik. Terutama bagi para pemain asing kami yang baru bergabung," ujar Aji.

Kondisi ini wajar saja mengingat Persela mencoret pemain asing mereka usai Piala Presiden dan hanya mempertahankan satu legiun asing asal Jepang, Kei Hirose. Selebihnya, tiga pemain asing baru didatangkan yakni Mawouna Amevor (bek), Rafael "Rafinha" Gomes (gelandang), dan Alex Goncalves (penyerang).

Baca Juga: Profil Madura United: Ambisi Los Galaticos Raih Gelar Juara Liga 1

2. Pemain muda Persela siap diandalkan

Persela vs Madura United: Derby Jatim Pertama di Pekan Perdanainstagram/@perselafc

Walau begitu, Persela sebenarnya punya modal bagus di Liga 1 2019 ini. Pada turnamen pra-musim misalnya, para pemain muda mampu mencuri perhatian dan tampil luar biasa, seperti misalnya gelandang muda 18 tahun, Hambali Tolib. Di skuat ini juga masih ada Sugeng Effendi, yang sejak musim lalu sudah rutin main di tim utama.

Dengan komposisi skuat seperti ini, Laskar Joko Tingkir punya modal yang cukup untuk membuat kejutan melawan skuat bertabur bintang milik Madura United. Apalagi, mereka akan bermain di kandang sendiri.

3. Madura United adalah tim bertabur bintang musim ini

Persela vs Madura United: Derby Jatim Pertama di Pekan PerdanaInstagram Madura United

Madura United memang berbenah serius jelang pagelaran Liga 1 2019. Tak tanggung-tanggung, tim asal Pulau Madura ini memboyong banyak pemain dengan label timnas, sekaligus melengkapinya dengan talenta asing yang berkualitas.

Di sisi penjaga gawang, Muhammad Ridho, kiper kaliber timnas, didatangkan dari Borneo FC. Lalu ada juga nama-nama berkaliber timnas seperti Andik Vermansah, Zulfiandi, hingga penyerang naturalisasi, Alberto Goncalves. Ini masih belum menghitung nama-nama penggawa lama yang berkualitas seperti Fachrudin Aryanto, Greg Nwokolo, Satria Tama, Alfath Faathier, hingga gelandang bertahan, Asep Berlian.

Di sisi pemain asing, top skor Liga 1 2018, Aleksandar Rakic, didatangkan dari Tira-Persikabo. Madura melengkapinya dengan merekrut bek Persija, Jaimerson Xavier. Selain itu, mereka juga memperpanjang kontrak sang playmaker, Zah Rahan Krangar.

Dengan skuat seperti ini, Dejan Antonic selaku pelatih punya keleluasaan lebih untuk memainkan tim terbaiknya tiap pekan.

4. Persela bisa mengejutkan, tapi Madura sangat diunggulkan

Persela vs Madura United: Derby Jatim Pertama di Pekan PerdanaInstagram.com/maduraunited.fc

Madura United memang tidak salah ketika disebut sebagai Los Galacticos-nya Liga 1 tahun ini. Walau tak meraih hasil positif yang berujung gelar juara di Piala Presiden, Slamet Nurcahyo dan kolega punya segalanya untuk mencuri satu bahkan tiga poin dari markas Persela.

Namun, Persela bukan tim semenjana yang biasa-biasa saja. Anak-anak Lamongan tentu tak semudah itu dikalahkan apalagi ketika bermain di rumah mereka sendiri. Lagipula, Hambali Tolib dan kolega sudah membuktikan di Piala Presiden lalu bahwa mereka bisa mengalahkan siapa saja.

Baca Juga: Persela Lamongan, Underdog yang Berpotensi Beri Kejutan

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You