Polemik Status Raphael Maitimo di PSM, Apakah Sudah Sah untuk Main?

Maitimo baru saja bergabung ke PSM usai dilepas PSIM

Jakarta, IDN Times - Pemain baru PSM Makassar, Raphael Maitimo, mencuri perhatian pada laga melawan Persija, Rabu (28/8) sore tadi. Menjalani laga tunda pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019, Matim masuk di menit ke-79 menggantikan Zulham Zamrun.

Pertanyaannya kemudian, sudah sah apa belum status Maitimo sebagai pemain PSM untuk dimainkan di laga tunda ini? Kami menghubungi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga terkait status eks pemain Persib ini.

1. Status Maitimo sah untuk bermain

Polemik Status Raphael Maitimo di PSM, Apakah Sudah Sah untuk Main?Dok. Istimewa (PSM Makassar/Ahmad Alia)

Pro dan kontra status Maitimo sendiri mencuat setelah namanya masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) di laga lawan Persija. Tak hanya masuk di DSP, Maitimo juga kemudian bermain di laga ini.

Terkait hal ini sendiri, IDN Times coba menghubungi Media and PR PT. LIB, Hanif Marjuni, seusai laga selesai. Kepada kami, Hanif menjelaskan bahwa status Maitimo sah untuk bermain mengacu kepada regulasi pendaftaran pemain.

”Prinsipnya pada pendaftaran tahap kedua. Selama sudah disahkan, pemain (Maitimo) boleh diturunkan,” jawab Hanif singkat.

Baca Juga: Kiper PSM Tampil Sempurna, Persija Harus Puas Berbagi Angka

2. Tapi, bagaimana dengan status laga tunda?

Polemik Status Raphael Maitimo di PSM, Apakah Sudah Sah untuk Main?Dok. Istimewa (PSM Makassar/Ahmad Alia)

Yang mengherankan lagi tentu adalah status laga yang dimainkan Maitimo sore ini. Acuannya adalah laga kontra Persija merupakan laga tunda pekan ketujuh yang notabene adalah laga putaran pertama, di mana kala itu status Maitimo adalah pemain PSIM.

Tapi, bila mengacu kepada sistem pendaftaran pemain putaran kedua dan jawaban dari LIB, secara regulasi, Maitimo memang sah untuk bermain karena sudah didaftarkan ke operator. Sayangnya, belum ada jawaban dari LIB ketika kami konfirmasi terkait status laga Persija vs PSM yang merupakan laga tunda.

3. Maitimo baru saja bergabung ke PSM usai dilepas PSIM

Polemik Status Raphael Maitimo di PSM, Apakah Sudah Sah untuk Main?Instagram.com/psimjogja_official

Status Raphael Maitimo memang memusingkan karena seperti dijelaskan di awal, ia baru saja bergabung bersama Juku Eja usai dilepas PSIM.

PSM sendiri juga mengirim Hendra Wijaya dan Saldy ke PSIM untuk bergabung di klub Liga 2 tersebut, di mana sebagai gantinya mereka memboyong Maitimo ke Makassar.

Baca Juga: Jelang Jumpa Persija, Maitimo Sudah Ikut Latihan Bersama PSM

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya