Comscore Tracker

Portugal Jadi Juara UEFA Nations League

Final edisi pertama ini, Portugal sukses menang atas Belanda

Jakarta, IDN Times - Portugal tak menyia-nyiakan kesempatan bertanding di depan publik sendiri. Pada UEFA Nations League Finals yang dihelat di Estadio do Dragao, pada Senin (10/6) dini hari, mereka sukses mengalahkan Belanda dengan skor tipis 1-0.

Di laga ini, Portugal turun dengan beberapa perubahan penting. Joao Felix yang main di semifinal melawan Swiss, dicadangkan dan Fernando Santos memainkan Cristiano Ronaldo sebagai penyerang tunggal. Sebagai gantinya, Santos memainkan gelandang Sporting Lisbon, Bruno Fernandes, winger Valencia, Goncalo Guedes, dan menambah kekuatan lini tengah dengan memainkan Danilo Pereira di samping William Carvalho.

Sementara tim tamu, Belanda, tampil tanpa perubahan satu pun dari sebelas pemain utama saat melawan Inggris di semifinal dengan Virgil van Dijk, Frenkie de Jong, dan Memphis Depay jadi andalan di tiap lini.

Babak pertama sendiri didominasi Portugal. Tampil menekan dan mainkan high pressing, Ronaldo dan kolega sukses mengurung Belanda. Total 12 tembakan dilepaskan penggawa Portugal ke arah gawang Jasper Cillesen mulai dari dua sepakan jarak jauh Bruno Fernandes, sepakan luar kotak penalti Ronaldo, hingga tusukan dari Bernardo Silva. Walau begitu, skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak kedua dibuka Portugal dengan baik. Walau kalah dominasi penguasaan bola, Selecao das Quinas mampu bermain lebih efektif. Puncaknya di menit ke-60. Menerobos lini belakang Belanda, Bernardo yang dibayangi oleh van Dijk kemudian menyodorkan umpan kepada Guedes. Dengan sepakan keras, eks pemain Paris Saint-Germain ini sukses membobol gawang Jasper Cillessen.

Ronald Koeman, pelatih Belanda, merespons gol tersebut. Luuk de Jong langsung dimasukkan untuk menambah daya gedor, sementara Quincy Promes dan Donny van de Beek sudah lebih dulu dimainkan sebelum kebobolan.

Berubah agresif, Belanda yang akhirnya mengurung pertahanan Portugal. Walau begitu, skor 1-0 untuk keunggulan Portugal tak berubah hingga peluit panjang. Dengan ini, Portugal menjadi juara UEFA Nations League yang diselenggarakan untuk pertama kali.

Baca Juga: Antar Portugal ke Final UEFA Nations League, Pelatih Sanjung Ronaldo

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You