Comscore Tracker

Pratinjau AS Roma vs Porto: Duel yang Seharusnya Seimbang

Kedua tim punya catatan buruk mereka masing-masing

Jakarta, IDN Times - Laga Liga Champions Eropa pekan ini akan mempertemukan dua kuda hitam yang sukses lolos ke babak 16 besar yakni AS Roma vs FC Porto. Kedua tim ini sendiri punya statistik yang tak mendukung satu sama lain, yang mana membuat laga ini seharusnya berjalan cukup imbang.

Namun, kubu tuan rumah, nampaknya tak punya keuntungan yang berpotensi meringankan langkah mereka. Performa Roma dalam beberapa pekan terakhir tampak menurun, walau di akhir pekan kemarin sukses mengalahkan Chievo Verona dengan skor 0-3. Namun, Roma sendiri sempat mengalami kekalahan telak dengan skor 7-1 di kandang Fiorentina pada ajang Coppa Italia.

Walau musim lalu sukses lolos hingga semifinal, kini Roma akan menapaki jalan yang cukup terjal karena Porto bukan tim sembarangan musim ini. Porto lolos sebagai juara Grup D dengan catatan 5 kemenangan dan 1 hasil imbang. Di kompetisi domestik, Vincent Aboubakar dan kolega juga tengah memimpin Primera Liga.

1. Roma tidak pernah menang atas Porto di kompetisi Eropa

Pratinjau AS Roma vs Porto: Duel yang Seharusnya SeimbangTwitter/@ASRomaEN

Empat kali bersua dengan jawara Portugal ini, Roma tidak pernah sekali pun sanggup mengalahkan Porto. Dari empat kali pertemuan, Roma imbang dua kali dan dua kali kalah. Yang paling baru, dua musim lalu, Porto menyingkirkan Roma saat keduanya bertemu di play-off Liga Champions musim 2016/2017.

Baca Juga: Wajib Follow Nih, Begini Cara Kerja Unik Miminnya Twitter AS Roma

2. Tapi, Porto juga tidak punya rekor baik tiap bertandang ke Italia

Pratinjau AS Roma vs Porto: Duel yang Seharusnya SeimbangTwitter/@FCPorto

Walau Roma punya rekor buruk saat melawan Porto, namun Porto sendiri juga punya catatan kurang baik tiap kali melawat ke markas tim asal Italia. Dari 7 kali laga melawat ke Negeri Pizza, mereka kalah 6 kali dan hanya bisa merebut satu kemenangan saat kalahkan AC Milan di San Siro dengan skor 2-3 pada September 1996.

3. Porto tidak pernah menang di fase gugur dalam 5 laga terakhir

Pratinjau AS Roma vs Porto: Duel yang Seharusnya SeimbangTwitter/@FCPorto

Sejak menjuarai Liga Champions pada musim 2003/2004, Porto memang tak pernah lagi menghentak Eropa. Setelahnya, mereka hanya dua kali mampu menembus fase perempat final, sementara itu, dalam lima laga terakhir bermain di fase gugur, Porto tidak pernah menang dengan catatan 1 kali imbang dan 4 kekalahan. Catatan yang kurang baik mengingat mereka juga tak pernah raih hasil positif di Italia.

Baca Juga: Usai Bawa Klubnya Juara Liga, Casillas Perpanjang Kontrak Bersama FC Porto

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You