PSM Makassar vs Semen Padang: Mesin Perang Tuan Rumah Sudah Panas

PSM sudah rutin bermain di AFC Cup dan Piala Indonesia

Jakarta, IDN Times - Runner-up Liga 1 2018, PSM Makassar, akan memulai petualangan mereka di Shopee Liga 1 2019 dengan menjamu tim promosi, Semen Padang, pada Senin (20/5). Berlaga di kandang sendiri, Stadion Mattoangin, Makassar, Juku Eja dipastikan akan tampil dengan kekuatan terbaiknya.

Di sisi lain, Semen Padang bukan lawan yang enteng. Walau baru saja promosi ke Liga 1 usai mendekam satu musim di Liga 2, Kabau Sirah bukan tanpa persiapan. Skuat asuhan Syafrianto Rusli ini sudah melengkapi skuatnya dengan para pemain yang siap berlaga dengan intensitas Liga 1.

Bagaimana persiapan dan peluang kedua tim jelang laga ini?

1. Mesin tempur PSM sudah panas

PSM Makassar vs Semen Padang: Mesin Perang Tuan Rumah Sudah Panasthe-afc.com

Seperti diketahui, PSM Makassar sukses lolos ke semifinal Piala Indonesia dan juga semifinal zona ASEAN di AFC Cup 2019. Hal ini memastikan bahwa skuat PSM kini dalam kondisi fisik yang jauh lebih bugar dan jauh lebih siap main di kompetisi liga.

Hal itu juga diakui oleh sang pelatih, Darije Kalezic.

"Kami sudah melewati pertandingan penting di Piala Indonesia dan AFC Cup 2019 dengan baik. Saya bahagia karena pemain terbaik kami siap bermain di laga perdana Liga 1," ujar Darije pada sesi konferensi pers.

Baca Juga: Profil Semen Padang: Kuda Hitam Bidik Target Lima Besar

2. PSM tak banyak berubah dibanding musim lalu

PSM Makassar vs Semen Padang: Mesin Perang Tuan Rumah Sudah Panasthe-afc.com

Di atas kertas, PSM memang salah satu tim yang tak banyak berbenah. Mereka melepas Steven Paulle, tapi sudah menemukan penggantinya pada diri Aaron Evans, bek berpaspor Australia yang sebelumnya jadi andalan Barito Putera. Di lini serang, mereka mendatangkan penyerang jangkung asal Finlandia, Eero Markkanen.

Dengan skuat yang masih diperkuat duo Belanda, Marc Klok dan Wiljan Pluim, Juku Eja jelas sangat diunggulkan pada laga perdana ini. Apalagi, materi pemain lokal mereka juga semakin matang usai Asnawi Mangkualam tak disibukkan agenda Timnas U-23 dan mereka kedatangan Bayu Gatra, eks winger lincah dari Madura United.

3. Semen Padang tanpa tiga pemain kuncinya

PSM Makassar vs Semen Padang: Mesin Perang Tuan Rumah Sudah Panassemenpadangfc.co.id

Di satu sisi, Semen Padang tak bisa bertamu ke Makassar dengan tim terbaiknya. Duo pemain asingnya, Mario Barcia dan Jose Sardon, masih menepi karena cedera. Sementara itu, salah satu gelandang andalan Kabau Sirah, Rudi, juga terkapar cedera sehingga harus absen pula.

Walau begitu, Semen Padang bukan tanpa perlawanan nantinya. Mereka masih memiliki sang putra daerah, Irsyad Maulana. Di sektor kiper, Teja Paku Alam juga bercokol di sana usai merapat dari Sriwijaya FC. Walau tanpa Sardon dan Barcia, Kabau Sirah masih punya Karl Marc Bathelemy, juru gedor asing yang bisa diandalkan untuk mengancam gawang Rivky Mokodompit.

Baca Juga: Sama Kuat, Ini Dia Catatan Pertemuan PSM Makassar dan Semen Padang

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya