PSSI Sudah Beri Kode Naturalisasi Pemain Brasil Sejak Juli 2020

Lalu kenapa PSSI membantah naturalisasi pemain Brasil ini?

Jakarta, IDN Times - Isu naturalisasi pemain yang direncanakan PSSI untuk memperkuat skuat Timnas Indonesia U-19 dalam menyambut Piala Dunia U-20 tahun depan terus menguat. Meski sudah dibantah melalui Indra Sjafri, sang Direktur Teknik, namun rencana PSSI untuk menaturalisasi pemain asal Brasil sudah ada sejak bulan Juli 2020.

https://www.youtube.com/embed/flU0gM5zcoU

1. PSSI sudah jabarkan rencana naturalisasi pemain saat webinar dengan IDN Times pada bulan Juli lalu

PSSI Sudah Beri Kode Naturalisasi Pemain Brasil Sejak Juli 2020Slide webinar PSSI x IDN Times tentang naturalisasi pemain (IDN Times/Isidorus Rio)

Dalam acara webinar bersama IDN Times, Jumat 10 Juli 2020, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sudah sedikit menjabarkan bahwa salah satu upaya menyongsong Piala Dunia U-20 2021 adalah dengan melakukan naturalisasi pemain.

"Kita akan melakukan 'cara-cara luar biasa' untuk meraih sukses prestasi pada Piala Dunia U-20 2021. Termasuk dimungkinkan melakukan nasionalisasi/naturalisasi pemain di usia emas sebagai pesepak bola," tulis salah satu slide presentasi webinar yang dijabarkan Ketua Umum PSSI kepada IDN Times.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Datang ke Indonesia Bukan Wonderkid

2. Di dalam slide untuk webinar, PSSI mencantumkan foto dan profil 3 pemain muda Brasil

PSSI Sudah Beri Kode Naturalisasi Pemain Brasil Sejak Juli 2020Slide webinar PSSI x IDN Times tentang naturalisasi pemain (IDN Times/Isidorus Rio)

Lebih lanjut, dari salah satu slide materi webinar PSSI dengan IDN Times, tercantum foto dan profil dari 3 pemain muda asal Brasil yang sampai detik ini masih sulit ditemui detail rekam jejak kariernya. Ketiganya bernama Leozao, Pedro, dan Maike Henrique. 

Untuk Pedro sendiri, diketahui ia adalah Pedro Henrique Bartoli, pemain muda asal Brasil berusia 18 tahun yang saat ini sudah ikut berlatih bersama Arema FC. Bahkan, General Manager Arema, Ruddy Widodo, secara terbuka mengakui bahwa Singo Edan berencana mengajukan proses naturalisasi untuk Pedro dan satu pemain Brasil lainnya yakni Hugo Guilherme.

“Brasil adalah salah satu negara produsen pemain berkualitas. Kebetulan, Arema FC mendapatkan tawaran untuk merekrut pemain muda. Mereka juga sangat berkeinginan untuk bermain di Indonesia. Maka, kami menyambutnya sebagai bagian dari investasi jangka panjang,” tutur  General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, Kamis (20/8/2020).

Sementara untuk Maike Henrique, pemain berusia 18 tahun ini diketahui juga sudah tiba di Indonesia dan ikut berlatih bersama klub ibu kota, Persija. Di Macan Kemayoran, Maike datang bersama kompatriotnya yakni Thiago Apolina.

Satu nama lain di dalam slide tersebut yang belum tiba di Indonesia adalah Leozao, pemain berusia 18 tahun asal Brasil yang berposisi sebagai pemain belakang. 

Baca Juga: Menpora Siap Percepat Proses Naturalisasi Pemain untuk Timnas

3. PSSI sudah membantah kedatangan pemain-pemain muda Brasil ini sebagai program dari federasi

PSSI Sudah Beri Kode Naturalisasi Pemain Brasil Sejak Juli 2020Indra Sjafri saat mengunjungi IDN Media HQ, Rabu (20/11). IDN Times/Panji Galih Aksoro

Sementara itu, pihak federasi sendiri sudah buka suara terkait isu naturalisasi imbas kedatangan pemain-pemain muda asal Brasil ini. Melalui Direktur Teknik-nya, Indra Sjafri, PSSI menyatakan bahwa kedatangan 5 pemain muda dari Brasil sejauh ini adalah murni karena kebutuhan klub Liga 1.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil Timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” kata Indra Sjafri.

Seperti diketahui, pada tiga hari terakhir ini ada 5 nama pemain muda asal Brasil yang datang ke Indonesia. Pedro Henrique Bartoli serta Hugo Guilherme mengikuti latihan bersama Arema FC, sementara Thiago Apolina Pereira serta Maike Henrique Irine De Lima mengikuti latihan di Persija. Satu nama lain adalah striker muda asal Brasil, Robert Junior, yang ikut latihan bersama Madura United.

Baca Juga: Ada Apa di Balik Rencana PSSI Naturalisasi Pemain dari Brasil?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya