Comscore Tracker

Rafid Habibie, Cucu dari Adik BJ Habibie yang Sempat Seleksi Timnas

Walau dari trah teknokrat, Rafid punya bakat olahraga oke!

Jakarta, IDN Times - Keluarga besar dari mantan Presiden Republik Indonesia (RI), Bacharuddin Jusuf Habibie, nyatanya tak hanya berkutat di bidang sains dan teknologi saja. Nyatanya, di trah keluarga besar Habibie, ada satu pemuda yang merintis jalan di dunia sepakbola.

Adalah Rafid Habibie, cucu mantan Presiden RI tersebut, yang kini tengah merintis karier di dunia sepakbola

1. Rafid adalah anak Rully Habibie, keponakan dari BJ Habibie

Rafid Habibie, Cucu dari Adik BJ Habibie yang Sempat Seleksi TimnasANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Rafid, yang kini berusia 19 tahun, adalah anak dari Rully Habibie, putra dari adik kandung BJ Habibie, Junus Effendi Habibie. Junus sendiri, berbeda dari kakaknya, memilih berkarier di ranah militer dan sempat menjadi Duta Besar.

Sepeninggal sang kakek, JE Habibie, sang kakak mengambil alih peran sebagai sosok kakek bagi Rafid yang beranjak dewasa. Walau lahir dari keluarga besar seorang teknokrat, pemuda bernama lengkap Muhammad Rafid Habibie ini nyatanya punya bakat sepakbola yang oke.

Baca Juga: [FOTO] BJ Habibie Jadi Nama Jembatan dan Taman di Timor Leste

2. Rafid sempat seleksi bersama Timnas U-19

Rafid Habibie, Cucu dari Adik BJ Habibie yang Sempat Seleksi TimnasTwitter/@ozradiojakarta

Dua tahun lalu, pada 2017, nama Rafid Habibie mentas ke permukaan. Khalayak luas kemudian mengenalnya sebagai salah satu talenta muda yang digadang-gadang akan menembus skuat Timnas Indonesia.

Kala itu, nama Rafid sempat diseleksi oleh Indra Sjafri, yang kala itu masih menukangi Garuda Muda. Baru berusia 17 tahun kala itu, sayangnya, Rafid gagal lolos ke skuat pilihan pelatih asal Padang tersebut.

3. Berlatih di Eropa hingga hampir bergabung bersama Persib B

Rafid Habibie, Cucu dari Adik BJ Habibie yang Sempat Seleksi TimnasDok. Istimewa

Diketahui, Rafid pernah berlatih bersama Perugia di Italia dan Sporting CP di Portugal. Hal itu dilakukannya usai dicoret dari pemusatan latihan Timnas U-19.

Kini, Rafid sempat dikabarkan akan kembali ke Tanah Air. Yang terbaru, kala menyiapkan skuat untuk tim Persib B, Liestiadi, pelatih Persib B, sempat mengisyaratkan bahwa timnya membutuhkan Rafid tapi perlu ditempa dahulu di Persib U-20. Sayang, hal itu ditolak Rafid.

”Rafid pemain yang bagus dengan teknik oke, sayang, tenaganya masih kurang. Melihat CV-nya yang pernah berlatih di Italia dan Portugal, sebenarnya ia cocok untuk main di Persib U-20, tapi ia menolak karena lebih ingin ke Persib B,” ujar Liestiadi kala itu dikutip dari Bolalob.

Baca Juga: Kenalin! Rafid Habibie, Cucu 'Jauh' Habibie yang Ganteng

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You