Schalke vs Dortmund: Revierderby yang Sulit bagi Tuan Rumah

Schalke tercecer di posisi 12, sementara Dortmund di puncak

Jakarta, IDN Times - Pekan ke-14 Bundesliga malam ini kedatangan jadwal super seru. Pekan ini, sang pemuncak klasemen sementara, satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Bundesliga, Borussia Dortmund, akan melawat ke markas rival sekota, Schalke.

Revierderby di musim ini sendiri diprediksi akan sangat berat bagi skuat asuhan Domenico Tedesco. Musim ini, performa Naldo dan kolega tak seperti musim lalu. Di 5 laga awal Bundesliga, mereka kalah beruntun dan terjerembab di zona degradasi. Walau bangkit akhir-akhir ini, mereka masih tertahan di luar posisi 10 besar.

Sementara Dortmund, bersama Lucien Favre, mereka melayang tinggi. Bayern Munich dihajar dalam Der Klassiker dan kini mereka memimpin 7 angka di atas Borussia Moenchengladbach.

1. Dortmund adalah tim tertajam saat ini di Bundesliga

Schalke vs Dortmund: Revierderby yang Sulit bagi Tuan RumahTwitter/@BlackYellow

Dari 13 pekan yang sudah berjalan, Dortmund sudah cetak total 37 gol. Jumlah ini 7 gol lebih banyak dibanding tim tertajam di posisi 2 dan 3, yakni Gladbach dan Eintracht Frankfurt. Bahkan Bayern saja baru bisa cetak 25 gol. Dari 37 gol itu, Dortmund menyumbang dua pemain di daftar top skor yakni Paco Alcacer dan sang kapten, Marco Reus.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bundesliga Tidak Begitu Kompetitif

2. Dortmund belum terkalahkan di Bundesliga

Schalke vs Dortmund: Revierderby yang Sulit bagi Tuan RumahTwitter/@BlackYellow

Bersama Liverpool dan Manchester City di Inggris, serta Juventus (Italia) dan Paris Saint-Germain (Prancis), Dortmund masuk di kategori elite sebagai tim yang belum tersentuh satu kekalahan pun di liga. Ini catatan yang tidak sembarangan karena selama ini Bundesliga dikenal sangat didominasi oleh Bayern yang musim ini kewalahan dan 'hanya' bercokol di posisi 4.

3. Tapi, aura Revierderby bisa buat Schalke bersemangat

Schalke vs Dortmund: Revierderby yang Sulit bagi Tuan RumahTwitter/@s04

Musim lalu, tidak ada pemenang di laga Revierderby dalam dua pertemuan. Kedua tim berbagi hasil imbang masing-masing 1-1 dan 4-4. Hasil 4-4 ini sendiri yang jadi catatan penting. Schalke saat itu tertinggal dengan skor 4-1, sebelum akhirnya mengejar dan bisa samakan skor menjadi 4-4 di akhir laga. Nuansa laga derby memang buat motivasi tim jadi berlipat ganda.

4. Schalke tidak terkalahkan dari Dortmund di 5 pertemuan terakhir

Schalke vs Dortmund: Revierderby yang Sulit bagi Tuan RumahTwitter/@s04

Ya, walau dibayangi tren performa yang buruk dan badai cedera yang menimpa Mark Uth hingga Breel Embolo, Schalke punya catatan tak terkalahkan dari sang rival sekota dalam 5 pertemuan terakhir di semua ajang. Catatan ini bisa jadi poin penting mengingat Amine Harit dan kolega juga akan bermain di kandang sendiri malam nanti.

5. Prediksi: Dortmund akan menang dengan selisih 2 gol

Schalke vs Dortmund: Revierderby yang Sulit bagi Tuan RumahTwitter/@BVB

Melihat tren performa kedua klub dan bagaimana penampilan beberapa pemain yang dimiliki kedua klub, Dortmund punya peluang cukup besar untuk memenangkan laga. Yang jadi catatan penting, Dortmund tak hanya tajam, tapi juga tim yang kebobolan paling sedikit nomor dua di liga setelah RB Leipzig (10 gol) dengan catatan bobol sebanyak 13 kali. Entah dengan skor 0-2 atau 1-3, skuat Favre mungkin akan menang dengan selisih 2 gol dari sang rival.

Baca Juga: Dortmund Vs Muenchen, Duel Klasik Bundesliga di Bawah Pelatih Anyar

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya