Setelah 12 Tahun, Marek Hamsik Tinggalkan Naples Menuju China

Marek Hamsik ditebus oleh Dalian Yifang seharga 20 juta euro

Jakarta, IDN Times - Kado Valentine yang cukup pelik diberikan oleh Napoli kepada para suporternya kemarin Kamis (14/2) malam. Setelah 12 tahun lamanya bersama, klub kebanggaan publik Naples ini memutuskan melepas sang kapten, Marek Hamsik, yang akan hijrah ke Negeri Tirai Bambu, China, bersama Dalian Yifang.

Hamsik sendiri ditebus oleh Dalian seharga 20 juta euro dan dikontrak selama dua tahun sampai Desember 2021 nanti. Di klub barunya ini, pemain timnas Slovakia ini akan bermain bersama dua eks alumnis liga sepakbola Eropa yakni Nico Gaitan dan Yannick Ferreira Carrasco.

Keputusan ini sendiri diumumkan oleh Napoli di akun Twitter resminya, sembari menuliskan caption romantis untuk melepas sang kapten sekaligus pemegang caps terbanyak klub dengan catatan 520 penampilan di semua ajang bersama Partenopei.

"Seorang kapten, pemain yang layak jadi contoh, seorang pesepakbola, dan seorang pria yang akan selalu mencintai Naples. Dan itu juga akan selamanya dikenang dalam sejarah kami," ujar Napoli.

Spekulasi kepergian Hamsik memang menguat sejak Carlo Ancelotti datang ke San Paolo. Pemain berusia 31 tahun ini sudah kehilangan tempat di tim utama dan tak lagi menjadi andalan tim sejak Ancelotti mengambil kursi yang ditinggalkan oleh Maurizio Sarri, di mana yang bersangkutan memutuskan hijrah ke Chelsea.

Hamsik sendiri bergabung bersama Napoli pada tahun 2007 lalu. Ia direkrut dari Brescia, klub Italia pertama Hamsik setelah hijrah dari tim junior Slovan Bratislava. Selama 12 tahun di Napoli, ia sukses mencetak 100 gol dan 90 asis dari total 409 penampilan di Serie A.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya