Siapa Gedson Fernandes dan Kenapa Jose Mourinho Menginginkannya?

Diincar oleh Everton dan West Ham, Gedson memilih Tottenham!

Jakarta, IDN Times - Bursa transfer Januari di Eropa memunculkan nama Gedson Fernandes yang jadi buruan banyak tim di Premier League. Baru berusia 21 tahun, gelandang milik SL Benfica ini dikabarkan akan segera hijrah ke liga paling populer di dunia, Liga Inggris.

Pemain Timnas U-21 Portugal ini ramai diperbincangkan tengah masuk buruan Everton dan West Ham United, di mana nama klub pertama dimasukkan sebagai yang terdepan yang berpeluang mendapatkan Gedson di bursa musim dingin ini.

Namun, arah angin mendadak berpihak kepada klub asal London Utara, Tottenham Hotspur. Berdasarkan laporan jurnalis Guardian, Fabrizio Romano, pemain kelahiran 9 Januari 1999 ini selangkah lagi akan diresmikan sebagai pemain Spurs.

Lalu, siapa sebenarnya Gedson Fernandes ini? Dan kenapa Jose Mourinho begitu menginginkannya?

1. Talenta muda terbaru Benfica setelah Joao Felix

Siapa Gedson Fernandes dan Kenapa Jose Mourinho Menginginkannya?desporto.sapo.pt

Untuk yang masih asing dengan namanya, rasanya wajar saja. Sebabnya, musim lalu ia masih di bawah bayang-bayang Joao Felix, bintang muda Benfica yang berusia lebih muda namun punya kualitas lebih mengilap dan sering mendapat sorotan.

Namun musim ini, bermain sebanyak 13 kali di semua ajang dengan catatan 1 asis, Gedson sekilas tak nampak istimewa. Namun, ia disebut-sebut sebagai salah satu gelandang box to box muda terbaik Portugal saat ini.

Baru berulang tahun ke-21 pada Januari ini, pemain setinggi 1,84 meter ini fasih bermain sebagai gelandang nomor 8 atau pun gelandang nomor 6 atau fasih disebut sebagai gelandang bertahan. Di Timnas U-21 sendiri, ia sudah punya koleksi 5 penampilan dan sukses mencetak 1 gol.

Cemerlang bersama Benfica, tak pelak namanya masuk daftar buruan klub-klub Inggris yang memang terkenal banyak uang.

Baca Juga: Harry Kane Cedera, Tottenham Hotspurs Incar Krzysztof Piatek

2. Kenapa Jose Mourinho menginginkannya?

Siapa Gedson Fernandes dan Kenapa Jose Mourinho Menginginkannya?Jose Mourinho di sesi konferensi pers bersama Spurs. metro.co.uk

Berdasarkan berita yang dilansir dari Guardian, salah satu faktor utama kenapa Gedson begitu diinginkan Mourinho adalah badai cedera yang dialami para gelandang andalan Spurs.

Tercatat, Moussa Sissoko dan Tanguy Ndombele harus terkapar di meja perawatan, membuat Mourinho hanya punya Eric Dier, Dele Alli, Harry Winks, dan Giovani Lo Celso di sektor gelandang. Tentu, komposisi ini tak ideal sebab Spurs tengah berjuang merangkak ke papan atas.

Di diri Gedson, Mourinho menemukan solusi praktis. Pertama, ia bisa didatangkan di Januari ini dengan skema peminjaman dengan opsi pembelian permanen. Kabarnya, alumni akademi Benfica itu akan dipinjam selama 18 bulan dengan opsi pembelian permanen di angka 50 juta euro. Skema ini jelas menguntungkan karena eks manajer Chelsea itu tak dibekali dana transfer masif di Januari ini.

Kedua, Gedson memiliki spesifikasi yang dicari Mourinho: bisa jadi gelandang penjelajah, pun cakap ketika jadi gelandang bertahan di skema dua gelandang atau tiga gelandang.

3. Dalam waktu dekat, Gedson akan diresmikan sebagai pemain Spurs?

Siapa Gedson Fernandes dan Kenapa Jose Mourinho Menginginkannya?Gelandang muda Benfica, Gedson Fernandes. Twitter/@BBCSport

Gedson sendiri diprediksi akan berlabuh ke Spurs paling lambat pada akhir pekan ini. Apalagi, kepindahan ke Spurs yang tengah dihantam badai cedera di lini tengah akan jadi berkah bagi pemain belia ini.

Ia akan mendapat peluang secara bertahap untuk rutin bermain di tim utama Spurs. Sesuatu yang sejatinya tak banyak didapatkan bersama Benfica karena dari 13 kali penampilan musim ini, hanya 13 persen saja dirasakannya sebagai starting eleven. Tentu, itu angka yang tak baik untuk pemain muda agar bisa berkembang.

Tapi, Gedson patut waspada. Keputusannya tidak memilih Everton atau West Ham sebagai destinasi berikutnya bisa menjadi bumerang jika ia tak belajar dari kasus eks pemain Benfica, Renato Sanches, yang sejak hijrah ke Bayern Munich, kini kariernya semakin meredup.

Baca Juga: Marouane Fellaini Susul Jose Mourinho ke Tottenham Hotspur?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya