Thailand Jaga Muruah Asia Tenggara di Piala Asia 2019

Satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos dari fase grup

Jakarta, IDN Times - Walau sukses mengirimkan 3 wakilnya ke Piala Asia 2019, Asia Tenggara nyatanya tak cukup bisa berbicara banyak di ajang paling bergengsi di Benua Kuning ini. Sang debutan, Filipina, dan juara Piala AFF 2018, Vietnam, nyatanya tak mampu berbicara banyak di Grup C dan D. Namun, sang raja sepakbola ASEAN, Thailand, membuktikan diri kenapa mereka masih bisa diandalkan untuk jaga muruah regional.

1. Filipina tak berdaya bertemu big boys di Grup C

Thailand Jaga Muruah Asia Tenggara di Piala Asia 2019Twitter/@afcasiancup

Berada di Grup C bersama dua negara big boys di Asia, China dan Korea Selatan, skuat asuhan Sven-Goran Eriksson tak berdaya. Sempat memberikan perlawanan sengit kepada Korea Selatan, mereka akhirnya dipaksa telan pil pahit karena takluk dengan skor tipis, 1-0.

Di laga kedua, meladeni China, The Azkals justru tak sanggup beri perlawanan sengit. Philip Younghusband dan kolega kemudian kalah 3-0 dan memastikan diri gagal lolos ke babak selanjutnya walau masih ada jatah 4 tim bagi peringkat 3 terbaik dan mereka masih sisakan satu pertandingan melawan Kirgizstan.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Dwigol Serdar Azmoun Pupuskan Perlawanan Vietnam

2. Vietnam babak belur tapi masih mungkin lolos

Thailand Jaga Muruah Asia Tenggara di Piala Asia 2019Twitter/@afcasiancup

Juara Piala AFF 2018 ini sempat memberikan perlawanan sengit saat meladeni Irak, kendati akhirnya kalah 3-2. Di laga kedua, melawan peserta Piala Dunia 2018, Iran, Vietnam dipaksa tunduk dua gol tanpa balas berkat brace Serdar Azmoun. Walau babak belur dihantam duo Persia, Iran dan Irak, The Golden Stars masih bisa lolos sebagai peringkat 3 terbaik namun mereka harus berjuang ekstra di laga terakhir Grup D kontra Yaman.

3. Thailand bangkit dari horor kekalahan lawan India

Thailand Jaga Muruah Asia Tenggara di Piala Asia 2019Twitter/@afcasiancup

Membuka perjuangan mereka Grup A, Thailand sebenarnya sempat diprediksi akan tereliminasi lebih awal karena dihajar oleh debutan Piala Asia, India, dengan skor 4-1. Kekalahan mengejutkan ini bahkan membuat Milovan Rajevac dipecat dari kursi kepelatihan. Setelah kekalahan tersebut, Thailand kemudian bangkit dengan menang 1-0 atas Bahrain lewat gol tunggal Chanatip Songkrasin dan hasil imbang 1-1 atas tuan rumah Uni Emirat Arab memastikan mereka lolos sebagai runner-up Grup A.

Baca Juga: Piala Asia 2019: Hasil Imbang Kirim UEA & Thailand ke Babak Gugur

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya