Comscore Tracker

Untuk Semalam, Emirates Stadium Jadi Milik Dani Ceballos

Dani Ceballos menjadi pemain terbaik di laga lawan Burnley

Jakarta, IDN Times - Sejatinya, laga lawan Burnley bukan laga debut bagi Dani Ceballos, rekrutan baru Arsenal. Namun, laga lawan Burnley pada pekan kedua Premier League 2019/2020 yang dihelat Sabtu (17/8) malam lalu, jadi laga kandang pertama Dani Ceballos memakai seragam Arsenal. Dan di depan puluhan ribu pendukung setia The Gunners, Ceballos benar-benar tampil memukau.

Tampil selama 83 menit di lapangan, pemain pinjaman dari Real Madrid ini membuat dua asis untuk dua gol kemenangan Arsenal, mendapat standing ovation yang riuh dari segala penjuru Emirates Stadium, dan menjadi pemain terbaik di akhir laga. Sebuah debut di kandang yang sempurna.

1. Sederhananya, Ceballos mendominasi Burnley

Untuk Semalam, Emirates Stadium Jadi Milik Dani CeballosTwitter/@DaniCeballos46

Dikutip dari penyedia statistik, Opta, catatan Ceballos selama 83 menit bermain memang luar biasa. Ia mencatatkan 90 persen umpan sukses, membuat 2 asis untuk gol Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang, catatkan 4 kali sukses melewati lawan, dan ini yang fenomenal, angka distance covered yang menyentuh angka 9,9 kilometer!

Ini sebuah catatan luar biasa untuk pemain yang baru debut di laga kandang pertamanya di liga seketat Premier League. Apalagi, Ceballos bermain melawan salah satu tim Liga Inggris yang dikenal masih bermain ortodoks ala kick and rush, Burnley. Angka jarak tempuh di lapangan yang menyentuh 9,9 kilometer adalah catatan tertinggi di antara seluruh pemain yang berlaga di laga tersebut. Dan hebatnya lagi, itu dicatatkan Ceballos tanpa harus bermain penuh 90 menit!

Baca Juga: Arsenal Resmi Pinjam Dani Ceballos dari Real Madrid

2. Puja-puji untuk Dani Ceballos

Untuk Semalam, Emirates Stadium Jadi Milik Dani CeballosTwitter/@Arsenal

Pujian pertama tentu saja datang dari sang pelatih, Unai Emery. Ini juga menjadi kejutan karena Dani Ceballos langsung dimainkan oleh Emery mengingat ia baru saja pulih dari cedera ankle. Namun, Ceballos memang luar biasa.

"Dengannya (Ceballos), saya selalu bilang bahwa ia bisa bermain sama baiknya sebagai gelandang nomor 10 atau nomor 8. Laga tadi, ia mulai di posisi nomor 10 namun bergantian mengisi nomor 8 dengan sangat baik bersama Joe Willock. Saya rasa, itu adalah posisi di lapangan di mana Ceballos merasa sangat nyaman dan bermain sangat baik," puji Emery di sesi konferensi pers pascalaga.

Pujian selanjutnya datang dari salah satu bek legendaris Arsenal, Martin Keown.

"Saya rasa, sudah lama Arsenal tidak memiliki gelandang yang begitu luar biasa seperti Ceballos selama beberapa tahun terakhir. Ia sangat percaya diri, punya kemampuan luar biasa, punya visi yang baik, dan selalu meminta dan merebut bola dengan sama baiknya," ucap Keown dikutip dari BT Sports.

3. Ceballos menjadikan Emirates sebagai taman bermain barunya

Untuk Semalam, Emirates Stadium Jadi Milik Dani CeballosTwitter/Arsenal

Debut perdana Ceballos di Emirates memang sehebat itu. Dikutip dari data di laman resmi Arsenal, Ceballos adalah pemain ketiga yang sukses membuat dua asis dalam laga debutnya turun sebagai pemain inti di starting eleven. Ia menyamai catatan manis yang dibuat Ray Parlour pada Agustus 1992 dan Henrikh Mkhitaryan pada Februari 2018.

Terkait debut kandangnya yang luar biasa, Ceballos pun tak kalah semringah.

"Saya sangat bahagia, karena hal yang paling utama di sepakbola adalah untuk menang. Ketika Anda bermain sangat baik dan membantu tim meraih kemenangan, Anda akan merasakan sesuatu yang luar biasa dan dapat pulang dengan kepuasaan karena mengerjakan sesuatu dengan sangat baik," ujar Ceballos di situs resmi Arsenal, sesaat usai ia menerima penghargaan pemain terbaik di laga kontra Burnley.

Baca Juga: Kalahkan Burnley, Para Pemain Baru Arsenal Unjuk Gigi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You