Comscore Tracker

Vietnam Punya Rekor Inferior, tapi Bukan Lawan Mudah bagi Indonesia

Nguyen Cong Phuong dan kolega dihantui statistik buruk

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan menjalani laga krusial di partai keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada Selasa (15/10) malam ini, Beto Goncalves dan kolega akan menjamu Timnas Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Walau sama-sama berasal dari Asia Tenggara, Vietnam bukan lawan yang mudah bagi Indonesia. Walau begitu, Nguyen Cong Phuong dan kolega juga bukan lawan yang sulit-sulit amat karena punya rekor inferior kala melawan Indonesia.

1. Indonesia adalah musuh terberat Vietnam

Vietnam Punya Rekor Inferior, tapi Bukan Lawan Mudah bagi IndonesiaIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sejauh ini, Indonesia dan Vietnam sudah bertemu 23 kali. Indonesia sanggup menang 9 kali, imbang 9 kali, dan 5 laga sisanya kalah. Hal ini sendiri sudah menunjukkan sisi inferior anak asuh Park Hang-seo tiap melawan Garuda.

Menariknya, dua pertemuan terakhir kedua negara juga berakhir manis bagi Indonesia. Dari dua laga semifinal Piala AFF 2016, Indonesia unggul agregat 4-3 kala mereka menang 2-1 di kandang, lalu imbang 2-2 di kandang Vietnam.

Baca Juga: Bek Muda Timnas Vietnam Berlabuh ke Eropa bersama SC Heerenveen

2. Dua bintang Vietnam di Eropa bisa jadi kunci

Vietnam Punya Rekor Inferior, tapi Bukan Lawan Mudah bagi IndonesiaTwitter/@doanvanhau_

Dua bintang Vietnam yang berkarier di Eropa, Nguyen Cong Phuong (Sint-Truiden, Belgia) dan Doan Van Hau (SC Heerenveen, Belanda), tetap jadi momok menakutkan bagi Indonesia.

Cong Phuong sendiri adalah otak serangan Vietnam. Pemain bernomor punggung 10 ini adalah sumber kreativitas Vietnam dan bisa jadi pemain kunci yang berbahaya.

Sementara Van Hau, bek muda yang baru saja dipinjamkan ke Heerenveen, adalah sosok tangguh yang luar biasa. Mohamadou Sumareh dan Norshahrul Idlan saja sukses ia matikan, tentu ini jadi alarm berbahaya bagi penyerang gaek Timnas Indonesia, Beto Goncalves.

3. Vietnam sejauh ini cukup menawan di Kualifikasi Piala Dunia

Vietnam Punya Rekor Inferior, tapi Bukan Lawan Mudah bagi Indonesiathe-afc.com

Dibanding negara lain, Vietnam sejauh ini baru bermain dua kali. Di dua laga tersebut, Nguyen Quang Hai dan kolega sukses mereguk empat angka hasil 1 imbang dan 1 menang. Menariknya, dua laga itu dijalani tanpa kebobolan yakni imbang 0-0 lawan Thailand dan menang 1-0 atas Malaysia.

Indonesia jelas harus waspada sebab walau statistik tak berpihak kepada tim tamu, Vietnam yang kini bukan Vietnam yang dikalahkan Indonesia tiga tahun lalu di semifinal AFF 2016.

Baca Juga: Timnas Indonesia akan Diperkuat Otavio Dutra saat Lawan Vietnam

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You