Comscore Tracker

William Saliba, Bek Berusia 18 Tahun yang Jadi Incaran Arsenal

Saliba baru saja jalani musim profesional pertamanya

Jakarta, IDN Times - Bursa transfer Eropa resmi dibuka per Senin (20/5) ini. Tak menunggu waktu lama, berbagai macam rumor langsung berkelebatan dan salah satunya terkait dengan Arsenal. Sudah sejak bulan Maret, The Gunners dikabarkan tengah mengincar bek baru untuk memperkuat pertahanannya.

Dari laporan baru yang masuk dan dilansir dari Goal, Charlet Watts, reporter Goal, melaporkan bahwa Unai Emery tengah mengincar talenta muda dari Ligue 1, tempat ia dulu pernah berkarier. Pemain muda tersebut adalah William Saliba. Bek tengah memang jadi fokus utama Emery untuk memperbaiki skuatnya mengingat musim ini timnya kebobolan 51 gol di Premier League.

Lalu, siapakah Saliba ini? Dan seberapa bagus pemain ini?

1. Baru saja jalani musim profesional pertamanya

William Saliba, Bek Berusia 18 Tahun yang Jadi Incaran ArsenalTwitter/@WorldwideAFC

Musim 2018/2019 adalah musim profesional pertama bagi Saliba bersama tim utama Saint Etienne. Sebelumnya, ia bermain bagi tim junior Saint Etienne, namun musim ini ia dipercaya untuk mentas bersama tim utama. Di skuat inti, ia beberapa kali bertandem dengan dua bek senior di timnya, Loic Perrin dan Neven Subotic.

Secara total, Saliba bermain sebanyak 15 kali di liga dan dianggap tampil cukup cemerlang. Musim ini, ia dipercaya mengawal lini belakang Timnas U-19 Prancis dan sukses membawa klubnya finis di posisi 4 dan mengamankan tiket ke Liga Europa musim depan.

Baca Juga: 4 Pemain Arsenal Ini Layak Jual Buat Tambah Kas Belanja di Musim Depan

2. Bek jangkung dengan fisik prima

William Saliba, Bek Berusia 18 Tahun yang Jadi Incaran ArsenalTwitter/@BadboysLacaAuba

Dengan tinggi 193 sentimeter, sudah jelas bahwa William Saliba merupakan bek dengan kapabilitas duel udara yang mengagumkan. Selain itu, dari cuplikan video yang beredar di media sosial, pemuda keturunan Kamerun ini merupakan tipikal bek modern yang piawai menginisiasi serangan dari bawah.

Tidak ada catatan gol dan asis yang diukirnya, namun dengan catatan 15 penampilan di Ligue 1 musim lalu ketika ada Perrin dan Subotic di dalam skuat, jelas terlihat bahwa pemain kelahiran 24 Maret ini merupakan bek muda dengan bakat yang potensial.

Sebelum dipecat dari Manchester United, Jose Mourinho dikabarkan pernah meminati bek muda ini. "Ia bek muda potensial, sama seperti Kurt Zouma yang dulu pernah saya rekrut (di Chelsea)," ujar Mourinho kala itu.

3. Dibanderol di harga 25 juta paun

William Saliba, Bek Berusia 18 Tahun yang Jadi Incaran Arsenalwww.football.london.com

Walau di Transfermarkt ia dibanderol di angka 2,7 juta paun, Saliba sejatinya baru saja menandatangani kontrak panjang berdurasi empat tahun bersama Saint Etienne pada April lalu. Dengan sisa kontrak yang panjang, banderol bek muda ini bisa melejit ke angka 25 sampai 30 juta paun.

Apakah transfer ini mungkin terjadi? Jawabannya, sangat mungkin, dan berikut dua alasannya.

Pertama, Emery membuktikan bahwa ia tak alergi merekrut pemain muda dan langsung melibatkannya di tim utama. Matteo Guendouzi adalah salah satu contohnya, yang mana pemain berusia 19 tahun tersebut tampil cukup oke di musim debutnya.

Kedua, Arsenal kemungkinan besar melepas Skhodran Mustafi, di mana mereka akhirnya hanya akan punya Laurent Koscielny, Rob Holding, dan Sokratis Papasthatopoulos sebagai bek tengah murni. Calum Chambers dikabarkan akan dilego, sementara Nacho Monreal akan kembali difungsikan sebagai bek sayap kiri. Kebutuhan bek tengah membuat rumor terkait Saliba sangat mungkin menjadi kenyataan bagi The Gunners.

Baca Juga: Arsenal Hadapi Chelsea di Final Liga Eropa, Ini 4 Fakta Menariknya!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You