Comscore Tracker

Selepas Kepergian Del Bosque, Fans Madrid Wajib Apresiasi 5 Pelatih Ini

Bukan hanya pemain, pelatih Madrid era milineal ini juga berjasa

‘Hanya’ menjuarai LaLiga di musim 2002/2003, Vicente Del Bosque, pelatih Real Madrid kala itu, diklaim gagal membawa kesuksesan kepada Madrid. Beberapa pihak menginginkan Madrid seharusya bisa lebih dari sekedar menjuarai liga. Perginya Del Bosque justru membuat performa Madrid menurun, alhasil tim mega bintang ini sering tersungkur di perdelapan final Liga Champion (UCL).

Walaupun El Real, sebutan untuk tim yang berkandang stadion Santiago Bernabeu ini, sekarang menempati peringkat teratas klub terkuat di dunia. Hal itu tidak terlepas dari jasa 5 pelatih ini:

5. Fabio Capello

Selepas Kepergian Del Bosque, Fans Madrid Wajib Apresiasi 5 Pelatih IniSumber.com

Di saat paceklik gelar, Capello datang di musim 2006/2007 dengan harapan mampu mengubah permainan Madrid yang monoton. Kedatangan Capello, selain mengembalikan mental juara yang telah pudar, membuat pertahanan Real semakin kuat. Perubahan gaya Madrid dari yang terlalu menyerang sehingga sering kebobolan menjadi lebih seimbang atau setidaknya sulit kemasukan gol. Meskipun hasilnya dia dapat merebut juara liga Spanyol, Capello dipaksa bekerja hanya semusim karena penggemar Madrid kurang menyukai gaya defensif El Real.

4. Bernd Schuster

Selepas Kepergian Del Bosque, Fans Madrid Wajib Apresiasi 5 Pelatih Inisumberbola.com

Mantan pemain Madrid sekaligus Barcelona ini didatangkan untuk mentransformasi Madrid menjadi lebih menyerang, namun tidak melupakan pertahanan. Schuster sebenarnya tidak terlalu mengubah gaya sepakbola ala Capello, hanya saja ia berhasil menciptakan serangan balik yang lebih garang dan meningkatkan produktifitas Madrid. Eks pemain timnas Jerman ini juga sempat menghapus dominasi Barcelona dengan mengalahkan tim itu dua kali, baik di kandang maupun tandang.

3. Jose Mourinho

Selepas Kepergian Del Bosque, Fans Madrid Wajib Apresiasi 5 Pelatih IniKumparan

Selepas menjuarai Liga Champion bersama Inter Milan di musim 2010/2011, Madrid mendatangkan Mourinho dengan harapan tim kebanggaan ibukota Spanyol ini mampu melakukan hal yang sama seperti Inter. Kedatangan Mourinho mengembalikan mental inferior Madrid di pentas sepakbola Eropa sekaligus memunculkan identitas Madrid sebagai tim serangan balik yang mengerikan dengan Mesut Oezil sebagai playmaker. Keberadaan Mou tidak sia-sia karena Madrid berhasil meraih juara Copa del Rey di tahun 2011 dan pemuncak LaLiga setahun berikutnya. Sejak era Mourinho juga, Madrid selalu lolos ke semifinal Liga Champion.

2. Carlo Ancelotti

Selepas Kepergian Del Bosque, Fans Madrid Wajib Apresiasi 5 Pelatih Ininewsweek.com

Di akhir era Mourinho ruang ganti Real Madrid cukup panas karena pelatih kebangsaan Portugal itu berkonflik dengan pemain-pemain penting seperti Sergio Ramos, Cristiano Ronaldo, dan kapten Iker Casillas. Datangnya Ancelotti berimbas dengan kondusifnya suasana ruang ganti. Selain itu, permainan Madrid dibawah Ancelotti terlihat aktraktif dengan mengandalkan pemain-pemain cepat seperti Ronaldo, Angel Di Maria, Marcelo, hingga Gareth Bale.

Setelah lebih dari 10 tahun tidak mengangkat trofi UCL, dengan bantuan Ancelotti, Madrid membawa pulang piala tersebut kembali ke Bernabeu untuk disandingkan dengan trofi Copa del Rey yang diraih pada musim yang sama.

1. Zinedine Zidane

Selepas Kepergian Del Bosque, Fans Madrid Wajib Apresiasi 5 Pelatih IniSports BeatNg

Rafael Benitez, suksesor Carlo Ancelotti, gagal memenuhi ekspetasi penggemar dan manajemen Madrid. Setelah satu semester berjalan, presiden Madrid, Florentino Perez menunjuk Zidane untuk menggantikan Benitez. Tidak butuh lama, Zidane yang juga mantan pemain Madrid ini berhasil membuat tim kompak kembali dan mengembalikan gaya permainan atraktif era Ancelotti.

Perbedaannya, taktik Zidane dinilai lebih fleksibel daripada Ancelotti karena dia kadang menerapkan permainan yang berbeda ketika berhadapan dengan lawan-lawan tertentu seperti Juventus, Bayern Munich, dan Barcelona. Di era Zidane juga, baik pemain utama maupun pemain pelapis memiliki peran vital. Keberadaan Zidane membuat Madrid mengukir rekor sebagai satu-satunya klub yang dapat mempertahankan juara UCL di era format kompetisi moderen.

Itulah 5 pelatih yang berkontribusi terhadap kembalinya kejayaan Madrid, pelatih mana favorit kamu?

Ivan Kristianto Photo Writer Ivan Kristianto

Be the best that you can be! Find me at: https://www.facebook.com/YohanesIvan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya