5 Produk Akademi FC Metz yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Bouna Sarr mentereng secara prestasi tim bukan individu

FC Metz merupakan salah satu tim Prancis yang sudah lama malang melintang. Namun, jika bicara soal prestasi, Metz masih kalah jauh dari beberapa nama besar, seperti PSG, Marseille, Lyon, dan AS Monaco.

Metz juga memiliki tim akademi yang berjalan cukup baik. Banyak di antara mereka bermain di liga top lain, seperti Bundesliga. Siapa saja pemain produk akademi Metz yang pernah berlaga di Bundesliga?

1. Jeff Strasser

5 Produk Akademi FC Metz yang Pernah Berlaga di BundesligaJeff Strasser (twitter.com/borussia_en)

Angkatan tertua akademi FC Metz yang pernah berlaga di Bundesliga adalah Jeff Strasser. Bek asal Luxemburg ini menimba ilmu di tim akademi FC Metz selama 5 tahun (1988—1993). Sempat membela tim senior Metz, Strasser kemudian melanjutkan karier di Bundesliga.

Di Jerman, Strasser pernah membela dua klub berbeda, yakni FC Kaiserlautern (1999—2002) dan Borussia Monchengladbach (2002—2006). Selama berkarier di Bundesliga, Strasser sukses mengemas 194 laga dengan sumbangan 10 gol dan 13 assist.

2. Fallou Diagne

5 Produk Akademi FC Metz yang Pernah Berlaga di BundesligaFallou Diagne (thebridge.in)

Fallou Diagne merupakan mantan gelandang Timnas Senegal yang saat ini membela Chennaiyin FC di Liga Super India. Diagne menghabiskan 2 tahun (2006—2008) hidupnya untuk ditempa ilmu sepak bola di tim muda FC Metz.

Sama seperti Jeff Strasser, Bundesliga juga menjadi tempat yang didatangi Diagne selepas hengkang dari Metz. Pada tahun 2012, Diagne sempat berseragam SC Freiburg selama 2,5 musim.

Sempat bergabung dengan Stade Rennes, Diagne kembali lagi ke Bundesliga pada 2016 untuk bergabung dengan Werder Bremen. Dalam kariernya, Diagne mencatat 59 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist di Bundesliga yang kebanyakan ia torehkan bersam Freiburg.

Baca Juga: 5 Produk Akademi AJ Auxerre yang Pernah Berlaga di Bundesliga

3. Chadli Amri

5 Produk Akademi FC Metz yang Pernah Berlaga di BundesligaChadli Amri (twitter.com/mainz05en)

Chadli Amri merupakan winger berkebangsaan Aljazair yang 3 tahun berada di tim akademi FC Metz. Momen ini terjadi pada 2000 hingga ia akhirnya pindah ke ASC Lascabas pada 2003. Dua tahun kemudian, Amri memulai kariernya di Jerman bersama Saarbrucken.

Setelah itu, ia pernah membela Mainz 05, Kaiserlautern, FSV Frankfurt, SV Elversberg, dan FC Homburg di Jerman. Namun, catatan 40 pertandingannya di Bundesliga hanya ia catatkan bersama Mainz dan Kaiserlautern.

4. Gaetan Bussmann

5 Produk Akademi FC Metz yang Pernah Berlaga di BundesligaGaetan Bussmann (twitter.com/mainz05en)

Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Gaetan Bussmann pernah 6 tahun berkarier di tim muda FC Metz. Masa tersebut terjadi dari 2004 hingga ia mendapat promosi ke tim utama pada 2010.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini pernah bermain di Bundesliga selama 3 tahun (2015—2018) untuk Mainz. Ia juga sempat menjalani masa peminjaman bersama SC Freiburg. Dari dua klub tersebut, Bussmann hanya mencatat 28 laga di kasta tertinggi sepak bola Jerman.

5. Bouna Sarr

5 Produk Akademi FC Metz yang Pernah Berlaga di BundesligaBouna Sarr (twitter.com/imiasanmia)

Nama yang terakhir adalah Bouna Sarr, bek berkebangsaan Senegal yang saat ini membela Bayern Munich. Sarr bermain di Bundelsiga untuk Bayern Munich sejak musim 2020/2021. Namun sayang, ia jarang dimainkan.

Alhasil, ia baru mencatatkan 13 laga dengan sumbangan 1 assist di Bundesliga sejauh ini. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Sarr pernah membela beberapa tim akademi, termasuk akademi Metz yang ia tempati selama 2 tahun (2009—2011).

 

Sebagai tim medioker Liga Prancis, tak heran tak banyak pemain terkenal produk akademi Metz yang berlaga di Bundesliga. Namun, terdapat beberapa pemain top yang ternyata lahir dari tim akademi ini, seperti Maxwel Cornet, Miralem Pjanic, dan Louis Saha.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Sporting Lisbon yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya