6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif Berkarier

Sejarah kelam dalam sepak bola Prancis

Setelah mengalami kesuksesan pada ajang Piala Dunia 2006 di Jerman dan muncul sebagai runner-up, Timnas Prancis mengalami kesulitan pada Piala Dunia 2010. Tergabung di Grup A bersama Meksiko, Uruguay, dan tuan rumah Afrika Selatan, langkah Timnas Prancis hanya sampai babak grup.

Berbagai konflik internal tim dan permainan buruk di lapangan jadi faktor besar saat itu. Kenangan tersebut jelas pahit dan berusaha untuk dilupakan, terutama bagi para pesepak bola yang ikut dalam skuad Prancis pada tahun tersebut.

Meski telah terlewat 12 tahun, 6 dari 23 nama anggota Timnas Prancis di Piala Dunia 2010 justru masih aktif bermain. Siapa saja?

1. Gael Clichy

6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierGael Clichy (skysports.com)

Nama pertama ialah Gael Clichy, bek kiri yang saat itu membela Arsenal dan berusia 24 tahun. Pada ajang Piala Dunia 2010, Clichy hanya bermain dalam satu laga, yakni saat Prancis kalah dari tuan rumah, Afrika Selatan, pada pertandingan akhir Grup A.

Piala Dunia 2010 jadi satu-satunya kesempatan Clichy mentas di turnamen terbesar sepak bola dunia. Kini, setelah sempat membela Manchester City dan Istanbul Basaksehir, Clichy bermain untuk tim Servette FC pada usianya yang telah menginjak 36 tahun.

2. Steve Mandanda

6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierSteve Mandanda (newsbeezer.com)

Meski jarang tampil sebagai starter, Steve Mandanda kerap kali dipanggil untuk membela Timnas Prancis di turnamen besar. Hingga saat ini, kapten Olympique Marseille ini telah mengikuti Piala Dunia, termasuk Piala Dunia 2010 yang jadi turnamen Piala Dunia pertamanya.

Pada Piala Dunia 2010, Mandanda tak semenit pun tampil untuk Timnas Prancis. Pasalnya, ia kalah saing dari kiper utama Timnas Prancis, Hugo Lloris, yang hingga kini masih jadi saingannya. Mandanda dipanggil saat berusia 25 tahun.

3. Mathieu Valbuena

6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierMathieu Valbuena (skysports.com)

Selain Steve Mandanda, Mathieu Valbuena jadi pemain Marseille lain yang dipanggil ke Timnas Prancis. Sama seperti Mandanda, Valbuena saa itu juga berusia 25 tahun. Pada Piala Dunia 2010, ia hanya tampil selama 21 menit kala Prancis kalah dari Meksiko.

Saat ini, usia Valbeuna telah menginjak 37 tahun. Sempat membela Dinamo Moscow, Fenerbahce, dan Olympique Lyon, Valbuena kini bermain untuk Olympiacos Pireus di kasta tertinggi Liga Yunani.

Baca Juga: 5 Gelandang Top Ini Jarang Dipanggil Timnas Prancis, Persaingan Ketat!

4. Franck Ribery

6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierFranck Ribery (skysports.com)

Meski berada di puncak kariernya bersama Bayer Munich, Franck Ribery gagal membawa Timnas Prancis berprestasi di Piala Dunia 2010. Pada turnamen tersebut, Ribery bermain pada tiap menit yang dijalani Timnas Prancis dengan sumbangan satu assist.

Setelah hengkang dari Bayern Munich pada 2019, Ribery memutuskan untuk melanjutkan karier di Serie A Italia. Sempat membela Fiorentina selama 2 musim, kini Ribery jadi kapten Salernitana yang berstatus tim promosi Serie A pada 2021/2022.

5. Hugo Lloris

6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierHugo Lloris (skysports.com)

Kiper utama Timnas Prancis dari Piala Dunia 2010 hingga saat ini masih aktif bermain. Ia adalah Hugo Lloris, kiper yang jadi kapten di Timnas Prancis dan Tottenham Hotspur. Pada Piala Dunia 2010, Lloris masih berseragam Olympique Lyon pada usia 23 tahun.

Meski masih muda, Lloris telah dipercaya untuk jadi kiper utama Prancis saat itu. Pada Piala Dunia pertamanya, ia bermain penuh selama 270 menit dari 3 pertandingan yang dijalani Timnas Prancis.

6. Andre-Pierre Gignac

6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierAndre Pierre Gignac (skysports.com)

Tampil sebagai pemain muda berbakat yang bermain untuk FC Toulouse, Andre-Pierre Gignac jadi salah satu striker yang dipanggil Raymond Domenech. Gignac bermain di semua laga Prancis di Piala Dunia 2010 dengan rincian menit bermain sebanyak 95 menit.

Pada usianya yang kini menginjak 36 tahun, Gignac memutuskan untuk berkarier di Liga Meksiko bersama Tigres UANL. Meski tak lagi muda, ia tampil sangat tajam di Meksiko dengan mendapatkan empat gelar top scorer bersama Tigres.

Kualitas dan performa yang konsisten jadi alasan para pemain ini masih bisa bertahan. Kenangan buruk di Piala Dunia 2010 rasanya telah dilupakan. Prancis juga tampaknya sudah bangkit. Gelar juara Piala Dunia yang didapatkan di Rusia pada 2018 adalah buktinya.

Baca Juga: 5 Calon Bintang Masa Depan Timnas Prancis yang Bermain di AS Monaco

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya