Comscore Tracker

5 Bek Sayap Spanyol yang Pernah Berseragam Manchester City

Manchester City kini mengincar Marc Cucurella

Manchester City jadi salah satu klub English Premier League (EPL) yang aktif dalam bursa transfer musim panas 2022. Setelah sukses mendapatkan Erling Haaland dan Kalvin Phillips, The Cityzens kini memfokuskan buruan kepada Marc Cucurella.

Bek sayap berkebangsaan Spanyol yang bermain untuk Brighton & Hove Albion ini jadi salah satu dambaan Pep Guardiola sejak lama. Manchester City sendiri memang cukup sering mendatangkan bek sayap asal Spanyol.

Dari 22 pesepak bola Spanyol yang pernah bermain untuk Manchester City, 5 di antaranya berposisi sebagai bek sayap. Siapa saja dan seperti apa performanya?

1. Javier Garrido

5 Bek Sayap Spanyol yang Pernah Berseragam Manchester CityJavier Garrido (skysports.com)

Javier Garrido terhitung sebagai pesepak bola Spanyol kedua yang pernah membela Manchester City setelah Albert Riera. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini didatangkan dari Real Sociedad pada awal 2007/2008.

Garrido bermain cukup apik selama berseragam Manchester City. Sayangnya, gerusan pemain baru yang didatangkan pada era Sheikh Mansour perlahan membuat Garrido tersingkirkan. Selama 3 musim berseragam The Cityzens, Garrido hanya mencatatkan 2 gol dan 3 assist dari 63 laga.

2. Jesus Navas

5 Bek Sayap Spanyol yang Pernah Berseragam Manchester CityJesus Navas (skysports.com)

Bek kanan sekaligus kapten Sevilla saat ini, Jesus Navas, pernah berseragam Manchester City cukup lama. Momen tersebut terjadi mulai 2013 ketika ia dibeli dari Sevilla hingga 2017 ketika ia dilepas kembali ke klub yang sama.

Pada awal kariernya, Navas berposisi sebagai gelandang sayap. Namun, seiring waktu, posisinya berubah menjadi bek sayap. Dalam kurun waktu 4 musim, Navas sukses mencatatkan 8 gol dan 39 assist dari 183 laga.

Baca Juga: Kiper PSG Keylor Navas Sulap Rumahnya Jadi Pengungsian Warga Ukraina

3. Pablo Maffeo

5 Bek Sayap Spanyol yang Pernah Berseragam Manchester CityPablo Maffeo (skysports.com)

Pablo Maffeo merupakan seorang bek kanan asal Spanyol yang 2 tahun dididik di akademi Manchester City. Ia baru promosi ke tim utama pada 2015. Namun, Maffeo lebih sering dipinjamkan ketimbang dimainkan di tim utama.

Selama total 2 musim, Maffeo dipinjamkan Manchester City ke Girona. Musim efektifnya di Manchester City hanya tercatat pada 2016/2017 dengan torehan tiga penampilan di Liga Champions Eropa.

4. Pedro Porro

5 Bek Sayap Spanyol yang Pernah Berseragam Manchester CityPedro Porro (teamtalk.com)

Pedro Porro merupakan salah satu bek kanan yang tampil gemilang pada 2021/2022. Permainan impresifnya bersama Sporting CP membuat banyak klub berminat mendatangkannya.

Porro sebenarnya masih berstatus sebagai pemain Manchester City pada 2021/2022. Ia baru akan permanen sebagai pemain Sporting CP pada 1 Juli 2022 mendatang. Porro yang didatangkan dari Girona pada 2019 ini sendiri tak pernah sama sekali tampil di tim utama Manchester City.

5. Angelino

5 Bek Sayap Spanyol yang Pernah Berseragam Manchester CityAngelino (skysports.com)

Sama seperti Pablo Maffeo, Angelino juga pernah jadi bagian dari tim junior Manchester City. Akan tetapi, ia bolak-balik dipinjamkan ke tim lain sejak usianya menginjak 18 tahun pada 2015. Saat ini, Angelino sendiri jadi pemain andalan RB Leipzig.

Ketatnya posisi bek kiri Manchester City membuat Angelino tersingkirkan. Selama jadi bagian dari tim, ia hanya mencatatkan 15 penampilan dengan kontribusi sebanyak 2 assist.

Transfer Marc Cucurella ke Manchester City diprediksi akan terealisasi dalam waktu dekat. Kehadiran Cucurella sangat dibutuhkan Manchester City mengingat klub tersebut hanya memiliki Oleksandr Zinchenko yang berposisi sebagai bek kiri.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Manchester City di Derbi Manchester pada Abad 21

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya