10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021

Pahlawan timnas Mesir untuk melaju ke final

Pada laga semifinal Piala Afrika 2021 pada (4/2/2022), Mesir berhasil unggul dari tuan rumah, Kamerun, dalam adu penalti. Hasil ini membuat Mesir melaju ke babak final untuk bertemu Senegal, yang sebelumnya telah menaklukkan Burkina Faso.

Pada laga ini, nama-nama besar seperti Mohamed Salah, Mohamed Elneny, atau Mahmoud Trezeguet tidak muncul sebagai Man of the Match. Gelar pemain terbaik pada laga tersebut justru disabet Mohamed Abou Gabal alias Gabaski. Kiper satu ini mampu menepis dua tendangan penalti pemain Kamerun.

Gabaski bukanlah pemain top dan dikenal banyak penggemar sepak bola. Oleh karena itu, mari mengenalnya lebih dekat dengan menyimak ulasan berikut ini.

1. Mohamed Abou Gabal atau yang biasa disebut Gabaski lahir di Asyut, Mesir, pada 29 Januari 1989. Saat ini, ia berusia 33 tahun

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Mohamed Abou Gabal alias Gabaski (instagram.com/mohmedabogabal)

2. Sebelum menjadi pesepak bola profesional, Gabaski sempat menimba ilmu di akademi ENPPI di Kairo

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Mohamed Abou Gabal alias Gabaski (instagram.com/mohmedabogabal)

3. Gabaski dipromosikan ke tim profesional ENPPI pada 2010, sebelum pindah ke Zamalek pada 2013

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Gabaski saat berseragam Zamalek. (instagram.com/mohmedabogabal)

4. Jarang dimainkan, Gabaski hengkang dari Zamalek dan bergabung dengan Smouha pada 2016

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Mohamed Abou Gabal alias Gabaski (instagram.com/mohmedabogabal)

5. Pada 2019, Gabaski kembali bergabung dengan Zamalek dan masih menjadi bagian dari klub tersebut hingga saat ini

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Gabaski saat memenangi trofi Liga Mesir bersama Zamalek. (instagram.com/mohmedabogabal)

Baca Juga: 7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!

6. Gabaski berkontribusi dalam tujuh gelar juara Zamalek. Mereka mendapatkan itu dalam kurun waktu 6 tahun

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Gabaski berpose dengan trofi Liga Mesir. (instagram.com/mohmedabogabal)

7. Nama Gabaski mulai dikenal publik karena keberhasilannya menepis tendangan Eric Bailly pada babak 16 besar Piala Afrika 2021

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Gabaski saat membela timnas Mesir. (instagram.com/mohmedabogabal)

8. Kegemilangannya juga berhasil membawa Mesir ke babak final. Gabaski mampu menepis tiga sepakan penalti pemain Kamerun

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Gabaski melakukan selebrasi setelah menepis tendangan pemain Kamerun. (instagram.com/mohmedabogabal)

9. Gabaski sebenarnya bukan kiper utama. Ia baru mencatatkan lima caps di timnas Mesir. Ia merupakan pelapis Mohamed El Shahnawy

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Gabaski dan Mohamed Salah (instagram.com/mohmedabogabal)

10. Piala Afrika 2021 menjadi turnamen besar pertama Gabaski sejak debut di timnas Mesir senior pada September 2011

10 Fakta Mohamed Abou Gabal, Kiper yang Bawa Mesir ke Final AFCON 2021Mohamed Abou Gabal (kingfut.com)

Walaupun Gabaski muncul sebagai pahlawan yang membawa Mesir lolos ke babak final, sorotan publik tentu akan tertuju kepada sosok Mohamed Salah. Pasalnya, Salah mesti melawan rekan setimnya di Liverpool, Sadio Mane, pada laga final, Minggu (6/2/2022). Sayangnya, mereka kalah di sana, sementara Senegal juara Piala Afrika untuk pertama kalinya.

Baca Juga: 9 Pemain dengan Catatan Assist Terbanyak di Piala Afrika 2021

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya