Comscore Tracker

5 Kiper Argentina yang Pernah Merumput di English Premier League

Argentina sedang penuh dengan bakat kiper

Laga bertajuk Finalissima mempertemukan juara Euro 2020 (Italia) dan Copa America 2020 (Argentina). Pasukan La Albiceleste sukses melumat Gli Azzurri dengan skor 3-0.

Argentina memang sedang dalam generasi terbaik. Mereka kini punya deretan kiper yang sangat mentereng di klubnya masing-masing. Padahal posisi itu selalu jadi masalah Argentina dalam beberapa tahun ke belakang.

Kendati kurang cemerlang pada masa lalu, kiper-kiper Argentina masih sering dibutuhkan tim-tim Eropa, termasuk tim dari English Premier League (EPL). Sejak era Premier League, total ada lima kiper Argentina yang pernah berlaga di kasta tertinggi Liga Inggris.

1. Julian Speroni

5 Kiper Argentina yang Pernah Merumput di English Premier LeagueJulian Speroni (skysports.com)

Kiper Argentina pertama yang merasakan atmosfer English Premier League adalah Julian Speroni. Kiper kelahiran Buenos Aires ini hanya membela Crystal Palace selama berkarier di Inggris. Momen tersebut terjadi pada 2004—2019.

Walaupun tercatat sebagai pemain Crystal Palace selama 15 musim, Speroni nyatanya hanya bermain selama 7 musim di EPL. Pasalnya, Cyrstal Palace sempat bermain lama di Championship sebelum promosi pada 2013/2014. Total 132 laga dengan torehan 20 nirbobol Speroni ciptakan di Premier League.

2. Paulo Gazzaniga

5 Kiper Argentina yang Pernah Merumput di English Premier LeaguePaulo Gazzaniga (skysports.com)

Nama selanjutnya adalah Paulo Gazzaniga yang pertama kali bermain di Inggris pada 2011 untuk bergabung dengan Gillingham FC. Akan tetapi, klub tersebut tak pernah dibela Gazzaniga di English Premier League.

Hanya Southampton (2012—2017) dan Tottenham Hotspur (2017—2021) tim yang dibela Gazzaniga di EPL. Saat ini, ia berstatus sebagai kiper dari juara Championship 2021/2022, Fulham. Ia punya kesempatan besar untuk menorehkan laga lebih banyak untuk Fulham musim depan.

Baca Juga: 5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top Eropa

3. Emiliano Martinez

5 Kiper Argentina yang Pernah Merumput di English Premier LeagueEmiliano Martinez (skysports.com)

Kiper utama Timnas Argentina, Emiliano Martinez, merupakan kiper utama Aston Villa saat ini. Martinez menghabiskan hampir seluruh karier profesionalnya bersama klub-klub Inggris. Saat muda, ia menimba ilmu di akademi Arsenal.

Sejak promosi pada 2012, Martinez pernah memperkuat enam klub Inggris berbeda. Kebanyakan ia lakukan saat dipinjamkan Arsenal. Hingga akhir musim 2021/2022, Martinez telah mencatatkan 89 penampilan dengan catatan 32 nirbobol.

4. Willy Caballero

5 Kiper Argentina yang Pernah Merumput di English Premier LeagueWilly Caballero (skysports.com)

Selain Emiliano Martinez, Willy Caballero juga jadi kiper Argentina yang merumput di English Premier League 2021/2022. Kiper berusia 40 tahun ini sekarang membela Southampton.

Karier Caballero di Inggris dimulai pada 2014 ketika bergabung dengan Manchester City dari Malaga. Setelah 3 musim, Caballero pindah ke Chelsea yang kemudian bertahan selama 4 musim.

Dari ketiga klub tersebut, Caballero lebih sering tampil sebagai pemain cadangan. Hingga akhir musim 2021/2022, ia telah mencatatkan 36 penampilan dengan catatan 13 nirbobol.

5. Sergio Romero

5 Kiper Argentina yang Pernah Merumput di English Premier LeagueSergio Romero (skysports.com)

Tampil apik bersama Timnas Argentina pada gelaran Piala Dunia 2014, Sergio Romero akhirnya didatangkan Manchester United pada 2015. Ia didatangkan dari Sampdoria secara gratis. Akan tetapi, karier Romero tak begitu mulus selama di Inggris.

Pasalnya, ia hanya ditugaskan sebagai kiper pelapis dari David de Gea yang sangat kokoh di bawah mistar The Red Devils. Hingga akhirnya hengkang pada 2021, Sergio Romero hanya mencatatkan 7 penampilan dengan koleksi 6 nirbobol.

Argentina saat ini dipenuhi kiper-kiper berkualitas. Selain Emiliano Martinez, mereka juga punya opsi lain dalam diri Geronimo Rulli, Juan Musso, Walter Benitez, Agustin Marchesin, dan Franco Armani. Siapakah kiper yang akan dipilih Lionel Scaloni pada gelaran Piala Dunia 2022 mendatang?

Baca Juga: Diandalkan Timnas, 5 Kiper Ini Hanya Berseragam Klub Medioker

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya