Comscore Tracker

5 Kiper Berkebangsaan Italia yang Pernah Berlaga di LaLiga

Tak terlalu mentereng

Italia cukup terkenal dengan reputasi kipernya yang hebat. Selain Gianluigi Buffon, sebetulnya masih banyak kiper ternama yang berasal dari Italia. Sebut saja Gianluigi Donnarumma, Angelo Peruzzi, Fransesco Toldo, dan Walter Zenga.

Dengan reputasi tersebut, tak heran jika banyak tim non-Italia yang pernah menggunakan jasa kiper Italia. Begitulah yang dilakukan beberapa tim LaLiga Spanyol. Terdapat lima kiper asal Italia yang pernah berlaga di LaLiga.

1. Steffano Sorentino

5 Kiper Berkebangsaan Italia yang Pernah Berlaga di LaLigaStefano Sorrentino (legaseriea.it)

Stefano Sorrentino merupakan kiper asal Italia dengan jumlah pertandingan terbanyak di LaLiga dengan catatan 38 laga dengan torehan nirbobol. Torehan tersebut ia catatkan selama semusim membela Recreativo Huelva.

Momen tersebut terjadi selama 2007/2008 ketika datang sebagai pemain pinjaman dari AEK Athens. Meski tak pernah absen untuk Huelva di LaLiga pada musim tersebut, Sorentino tak dipermanenkan.

2. Morgan De Sanctis

5 Kiper Berkebangsaan Italia yang Pernah Berlaga di LaLigaMorgan De Sanctis (asroma.com)

Morgan De Sanctis merupakan kiper Italia yang pernah berkarier di empat liga berbeda, yakni Serie A Italia, Ligue 1 Prancis, Super Lig Turki, dan LaLiga Spanyol. Ketika berkarier di LaLiga, Morgan De Sanctis membela Sevilla selama 2 musim.

Sayang, peran Morgan De Sanctis ketika berseragam Sevilla sebatas pelapis dari Andrea Palop. Ia hanya bermain efektif selama semusim dengan catatan 8 laga dengan 3 nirbobol. Pada musim keduanya, De Sanctis dipinjamkan ke Galatasaray.

Baca Juga: 7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier League

3. Salvatore Sirigu

5 Kiper Berkebangsaan Italia yang Pernah Berlaga di LaLigaSalvatore Sirigu (sevillafc.es)

Sama seperti Morgan De Sanctis, Salvatore Sirigu juga pernah membela Sevilla di LaLiga. Momen tersebut terjadi pada paruh pertama musim 2016/2017 ketika dipinjam dari Paris Saint-Germain.

Sirigu hanya bermain selama setengah musim di Sevilla. Sebab, ia pindah ke Osasuna yang juga berstatus sebagai tim LaLiga pada paruh kedua. Selama berkarier di LaLiga, Sirigu hanya mencatatkan 1 nirbobol dari 20 laga.

4. Christian Abbiati

5 Kiper Berkebangsaan Italia yang Pernah Berlaga di LaLigaChristian Abbiati (uefa.com)

Christian Abbiati sangat lama membela AC MIlan hingga akhirnya pensiun di klub tersebut pada akhir musim 2015/2016. Selama menjadi bagian dari AC Milan, Abbiati pernah dipinjamkan ke tiga klub. Salah satunya ialah Atletico Madrid pada 2007/2008.

Dalam kurun waktu semusim, Abbiati bermain cukup baik dan bisa mengambil tempat utama. Ia sukses menorehkan 8 nirbobol dari 21 pertandingan.

5. Marco Storari

5 Kiper Berkebangsaan Italia yang Pernah Berlaga di LaLigaMarco Storari (juventus.com)

Nama terakhir ialah Marco Storari, pria yang saat ini bekerja sebagai staf kepelatihan Juventus. Storari menghabiskan hampir seluruh kariernya untuk membela tim-tim asal Italia, kecuali pada paruh pertama musim 2007/2008.

Kala itu, ia menjalani masa peminjaman dari AC Milan di Levante selama 4 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, Storari mencatat 2 nirbobol dari 17 pertandingan.

Dari kelima nama di atas, tak ada satu pun kiper asal Italia yang begitu mentereng di LaLiga. Sebab, mereka hanya bertahan tak lebih dari 2 musim dan lebih suka untuk berkarier di negaranya sendiri.

Baca Juga: 5 Kiper Berkebangsaan Jerman yang Pernah Bermain di LaLiga

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya