Comscore Tracker

5 Kiper Berkebangsaan Serbia yang Pernah Bermain di Serie A

Kekuatan Balkan di Negeri Piza

Pemain asal Serbia menjadi salah satu yang terbanyak di antara pemain asing lain di Serie A Italia. Mereka berada di urutan ke-7 sebagai negara paling banyak menyumbangkan pemain dalam sejarah kasta tertinggi Liga Italia.

Ada 93 nama berbeda sejauh ini. Namun, dari 93 nama tersebut, hanya ada 5 pemain yang berposisi kiper. Berikut ini daftar dan ulasan kelima kiper Serbia yang pernah bermain di Serie A.

1. Zeljko Brkic

5 Kiper Berkebangsaan Serbia yang Pernah Bermain di Serie AZeljko Brkic (sempreinter.com)

Zeljko Brkic merupakan kiper asal Serbia dengan jumlah pertandingan terbanyak di Serie A. Brkic pernah membela tiga tim berbeda di sana, yakni Udinese (2011—2016), Siena (2011—2012) dan Cagliari (2015).

Dari ketiga klub tersebut, Brkic sukses mencatatkan 86 penampilan dengan torehan 20 nirbobol. Kebanyakan laga yang ia jalani dicatat bersama Udinese yang merupakan klub terlama Brkic di Italia.

2. Vlada Avmarov

5 Kiper Berkebangsaan Serbia yang Pernah Bermain di Serie AVlada Avmarov (twitter.com/acffiorentinaen)

Vlada Avmarov cukup lama berkarier di Italia sebagai seorang pemain sepak bola profesional. Kiper yang pensiun pada 2017 ini pertama kali datang ke Italia pada 2001 untuk membela Vicenza. Setelah itu, ia sempat membela Pescara, Treviso, Fiorentina, Cagliari, Torino, dan Atalanta.

Dari ketujuh klub tersebut, hanya Fiorentina, Cagliari dan Atalanta yang pernah dibela Avmarov di kasta tertinggi sepak bola Italia. Total 10 catatan nirbobol dari 37 laga sukses Vlada Avmarov catatkan di Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir Marseille yang Diboyong dari Klub Serie A

3. Vanja Milinkovic-Savic

5 Kiper Berkebangsaan Serbia yang Pernah Bermain di Serie AVanja Milinkovic Savic (torinofc.it)

Vanja Milinkovic-Savic merupakan adik dari gelandang andalan Lazio, Sergej Milinkovic-Savic. Ia memulai kariernya di Italia pada 2017 saat bergabung dengan Torino dari Lechia Gdansk.

Selama berseragam Il Toro, Vanja Milinkovic-Savic pernah dipinjamkan ke SPAL, Ascoli, dan Standard Liege. Namun, sejak 2021/2022, ia konsisten menjadi kiper utama Torino. Sejauh ini, kiper Torino itu baru mencatat 35 pertandingan di Serie A dengan torehan 6 nirbobol.

4. Aleksandar Kocic

5 Kiper Berkebangsaan Serbia yang Pernah Bermain di Serie AAleksandar Kocic (pesmitidelcalcio.com)

Nama selanjutnya ialah Aleksandar Kocic, mantan kiper Timnas Serbia yang pernah membela Perugia dan Empoli di Serie A. Kocic terhitung sebagai kiper Serbia pertama di Serie A. Ia datang pada 1997 untuk bergabung dengan Perugia.

Pada awal 1998, Kocic pindah ke Empoli dan bertahan di klub tersebut selama setengah musim. Kocic hanya mencatat 18 pertandingan dengan torehan 2 nirbobol selama berkarier di Serie A.

5. Boris Radunovic

5 Kiper Berkebangsaan Serbia yang Pernah Bermain di Serie ABoris Radunovic (cagliaricalcio.com)

Selain Vanja Milinkovic-Savic, Boris Radunovic juga jadi kiper Serbia yang masih berkarier di Serie A pada 2021/2022. Radunovic mulai datang ke Serie A pada 2015 untuk bergabung dengan Atalanta.

Sempat dipinjamkan ke Salernitana, Hellas Verona, dan Cremonense, Radunovic akhirnya dilepas Atalanta ke Cagliari pada awal musim 2021/2022. Sayangnya, Cagliari harus terdegradasi pada musim pertama Radunovic. Sejauh ini, ia sendiri telah mencatat tujuh penampilan di Serie A.

Meski kerap jadi kuda hitam di kompetisi internasional, Serbia selalu punya kualitas hebat dalam sepak bola. Kelima nama kiper yang telah disebutkan sebelumnya merupakan bukti kecil dari hal tersebut.

Baca Juga: Promosi ke Serie A, Ini 8 Rekrutan Terbaru dari US Cremonese

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya