5 Kiper Norwegia yang Pernah Merumput di English Premier League

Hanay Kristoffer Klaesson yang masih aktif di Premier League

Pada 2022/2023, terdapat enam pesepak bola asal Norwegia yang bermain di English Premier League (EPL). Erling Haaland tentu menjadi nama yang paling dikenal.

Nama Kristoffer Klaesson, kiper Norwegia yang membela Leeds United, tidak seperti Haaland. Namanya masih asing.

Termasuk Klaesson, inilah lima kiper asal Norwegia yang pernah berkarier di English Premier League. Nama-nama mereka sama-sama asing.

1. Thomas Myhre

5 Kiper Norwegia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueThomas Myhre (twitter.com/SunderlandAFC)

Thomas Myhre menjadi kiper Norwegia dengan jumlah pertandingan terbanyak di Premier League. Myhre mencatatkan 93 penampilan dengan torehan 34 nirbobol yang dicatatatkan saat bersama Everton, Sunderland, dan Charlton Athletic.

Selain membela tiga klub tersebut, Thomas Myhre juga pernah membela Tranmere Rovers, Birmingham City, dan Crystal Palace selama berkarier di Inggris. Dari enam klub yang pernah dibela Myhre di Inggris, Everton menjadi yang paling sering ia bela.

2. Erik Thorstvedt 

5 Kiper Norwegia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueErik Thorstvedt (leedsunited.com)

Kiper berkebangsaan Norwegia pertama yang merumput di English Premier League adalah Erik Thorstvedt. Kiper kelahiran Stvanger ini merupakan kiper utama Timnas Norwegia dan Tottenham Hotspur era 1990-an.

Erik Thorstvedt pertama kali berkarier di inggris pada 1989. Ia menjalani musim yang cukup panjang hingga pensiun bersama Tottenham Hotspur pada Mei 1997. Dalam kurun waktu tersebut, Thorstvedt sukses menjalani 60 laga di Premier League.

Baca Juga: Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022

3. Kristoffer Klaesson

5 Kiper Norwegia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueKristoffer Klaesson (leedsunited.com)

Satu-satunya kiper asal Norwegia yang menjalani musim 2022/2023 bersama tim Premier League adalah Kristoffer Klaesson. Pria berusia 21 tahun ini merupakan kiper cadangan Leeds United setelah Illan Meslier.

Klaesson bergabung dengan Leeds United pada awal musim lalu. Sejauh ini, ia baru mencatatkan satu pertandingan di ajang Premier League untuk Leeds United. Hal ini bisa terjadi karena Klaesson lebih sering bermain di tim muda Leeds United.

4. Frode Grodas  

5 Kiper Norwegia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueFrode Grodas (chelseafc.com)

Kebanyakan pemain asal Norwegia yang berkarier di Premier League berada pada era 1990-an. Begitu pula dengan Frode Grodas, kiper kelahiran Volda yang dari 1996 hingga 1998 membela dua klub Premier League.

Grodas pernah membela Chelsea (1996—1998) dan Tottenham Hotspur (1998). Dari kedua klub tersebut, Grodas hanya mencatat 5 nirbobol dari 21 pertandingan yang kebanyakan ia cetak bersama Chelsea.

5. Orjan Nyland

5 Kiper Norwegia yang Pernah Merumput di English Premier LeagueOrjan Nyland (avfc.co.uk)

Nama yang terakhir ialah Orjan Nyland, kiper yang sekarang menjadi pemain utama di Timnas Norwegia. Nyland pernah membela empat klub Inggris, yakni Aston Villa (2018—2020), Norwich City (2020—2021), Bournemouth (2021), dan Reading (2022).

Tak semuanya bermain di Premier League. Catatan pertandingannya di Premier League hanya ditorehkan kala membela Aston Villa pada 2019/2020. Kala itu, Nyland hanya mencetak 2 nirbobol dari 7 laga.

Kebanyakan pemain asal Norwegia di Premier League bermain pada 1990-an. Itulah sebabnya tak banyak pemain asal Norwegia, khususnya berposisi kiper, di Premier League akhir-akhir ini.

Baca Juga: 5 Opsi Kiper Utama Timnas Argentina di Piala Dunia 2022

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya