5 Pemain Atletico Madrid yang Pakai Nomor 13 Sebelum Jan Oblak

Semuanya berposisi sebagai kiper!

Menurut aturan LaLiga, nomor punggung 1 dan 13 merupakan nomor seorang kiper. Banyak orang menyangka jika nomor punggung 1 berarti diberikan kepada kiper pertama klub tersebut. Namun, kenyataannya tidak demikian.

Di tim Atletico Madrid, nomor punggung 13 saat ini diberikan kepada Jan Oblak, yang kini berstatus sebagai kiper utama. Tidak hanya paling mentereng di klub, Oblak juga sering kali jadi kiper terbaik di LaLiga.

Jika dibandingkan dengan lima kiper yang dahulu menggunakan nomor punggung 13 di Atletico Madrid, apakah Oblak bisa disebut yang terbaik? Untuk mengetahui hal tersebut, mari simak ulasan berikut!

1. Ismael Falcon

5 Pemain Atletico Madrid yang Pakai Nomor 13 Sebelum Jan OblakIsmael Falcon (skysports.com)

Jauh sebelum Jan Oblak menggunakan nomor punggung 13 pada 2014/2015, nomor ini pernah digunakan pemain dari tim akademi. Dia adalah Ismael Falcon, yang menggunakan nomor punggung 13 hanya pada 2006/2007.

Falcon tidak terlalu banyak mencatatkan penampilan selama 3 musim membela Atletico Madrid. Ia bahkan berstatus sebagai pemain pelapis dari Leo Franco. Dalam kurun waktu 3 musim, Falcon mencatatkan tiga belas penampilan saja.

2. Christian Abbiati

5 Pemain Atletico Madrid yang Pakai Nomor 13 Sebelum Jan OblakChristian Abbiati (skysports.com)

Tidak banyak yang tahu jika kiper legendaris AC Milan, Christian Abbiati, pernah mencicipi atmosfer LaLiga bersama Atletico Madrid. Hal ini terjadi pada 2007/2008 ketika ia dipinjam dari AC Milan.

Saat membela Atletico Madrid, Abbiati langsung mengambil alih nomor punggung 13 yang saat itu tersisa. Selama semusim di Spanyol, Abbiati cukup sering diandalkan. Ia sukses mencatatkan 30 penampilan dengan torehan 13 nirbobol dari seluruh ajang.

Baca Juga: 7 Kiper dengan Rating Tertinggi di FIFA 22, Ederson hingga Jan Oblak

3. Roberto Jimenez

5 Pemain Atletico Madrid yang Pakai Nomor 13 Sebelum Jan OblakRoberto Jimenez (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Roberto Jimenez, yang juga berasal dari tim akademi. Roberto Jimenez jadi bagian dari Atletico Madrid selama 5 tahun (2005—2010). Namun, ia hanya aktif di tim utama selama 3 musim.

Jimenez menggunakan nomor punggung 13 selama semusim, yakni pada 2009/2010. Selama membela Los Rojiblancos, Jimenez mencatat 5 penampilan dengan jumlah 1 nirbobol.

4. David de Gea

5 Pemain Atletico Madrid yang Pakai Nomor 13 Sebelum Jan OblakDavid De Gea (skysports.com)

Di antara pemain produk akademi Atletico Madrid lain dalam daftar ini, David de Gea menjadi yang paling bersinar saat dipromosikan ke tim utama. Kiper yang saat ini membela Manchester United tersebut promosi ke tim utama pada 2009/2010 dan langsung menggunakan nomor punggung 13.

De Gea sukses bermain sangat apik selama berseragam Atletico Madrid. Oleh karena itu, ia diminati Sir Alex Ferguson sebagai pengganti sosok Edwin van der Sar. Selama berseragam Los Rojiblancos, De Gea sukses mencatatkan 23 nirbobol dari 84 laga.

5. Thibaut Courtois

5 Pemain Atletico Madrid yang Pakai Nomor 13 Sebelum Jan OblakThibaut Courtois (skysports.com)

Kiper Atletico Madrid terakhir yang menggunakan nomor punggung 13 sebelum Jan Oblak adalah Thibaut Courtois, kiper yang saat ini membela Real Madrid. Kiper berkebangsaan Belgia tersebut bermain selama 3 musim untuk Atletico Madrid sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Atletico Madrid jadi tim yang sukses mengangkat nama Courtois sehingga jadi kiper kelas dunia. Selama membela Los Rojiblancos, Courtois sukses mencatatkan 154 laga dengan catatan 76 nirbobol.

Dengan segudang prestasi yang telah ditorehkannya, Jan Oblak layak disebut sebagai salah satu kiper Atletico Madrid terbaik sepanjang masa. Kiper asal Slovenia ini telah memberikan 4 gelar juara yang dipersembahkan dari 4 gelaran berbeda.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Kelahiran Tahun 1993, Jan Oblak hingga Harry Kane

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya