Comscore Tracker

5 Pemain Bayern Munich yang Pakai Nomor Punggung 9 Sebelum Lewandowski

Robert Lewandowski jadi yang terbaik?

Robert Lewandowski dikabarkan akan meninggalkan Bayern Munich pada jendela transfer musim panas 2022. Keputusan itu diambil lantaran pihak Bayern Munich dan Lewandowski tidak mencapai kata sepakat untuk perpanjangan kontrak yang sejatinya habis pada 2023.

Barcelona dikabarkan menjadi kandidat terkuat untuk mendapatkan tanda tangan striker asal Polandia ini. Kepergian Lewandowski bisa menjadi kerugian besar bagi Bayern Munich. Meski telah berusia 33 tahun, ia merupakan seorang striker tajam yang secara konsisten hadir sebagai top scorer.

Pemain bernomor punggung 9 ini juga sudah bisa disebut sebagai legenda. Jika dibandingkan dengan lima pengguna nomor 9 Bayern Munich lain, Lewandowski unggul secara prestasi. Lantas, seperti apa kiprah lima pendahulu Lewandowski yang sama-sama menggunakan nomor punggung 9?

1. Giovane Elber

5 Pemain Bayern Munich yang Pakai Nomor Punggung 9 Sebelum LewandowskiGiovane Elber (goal.com)

Giovane Elber merupakan striker andalan Bayern Munich pada awal 2000-an. Sejak didatangkan dari VfB Stuttgart pada jendela transfer musim panas 1997, Elber langsung mengambil alih nomor punggung 9. Nomor tersebut merupakan nomor favorit Elber dalam kariernya.

Elber berseragam Die Bavaria selama 5,5 musim. Striker asal Brasil tersebut sukses mencatatkan 139 gol dan 57 assist dalam 266 laga. Elber juga pernah menjadi top scorer Bundesliga dan memenangi belasan gelar untuk Bayern Munich, termasuk juara Liga Champions 2001.

2. Vahid Hashemian

5 Pemain Bayern Munich yang Pakai Nomor Punggung 9 Sebelum LewandowskiVahid Hashemian (skysports.com)

Vahid Hashemian merupakan striker terbaik sepanjang masa Iran. Hampir seluruh karier sepak bola profesionalnya ia habiskan untuk membela tim Jerman. Namun, tak banyak yang mengingat Hashemian pernah membela Bayern Munich pada 2004/2005.

Hashemian didatangkan dari VfL Bochum pada awal musim tersebut. Ia langsung mewarisi nomor punggung 9 yang ditinggalkan Elber. Akan tetapi, karier Hashemian tak berjalan baik. Ia hanya mencatatkan 15 penampilan dengan kontribusi 1 gol. Ia pun memutuskan untuk pindah ke Hannover semusim kemudian.

Baca Juga: 4 Klub yang Jadi Calon Destinasi Robert Lewandowski

3. Luca Toni

5 Pemain Bayern Munich yang Pakai Nomor Punggung 9 Sebelum LewandowskiLuca Toni (skysports.com)

Luca Toni bermain sangat baik untuk Timnas Italia pada Piala Dunia 2006. Setahun setelah membawa Italia juara, ia akhirnya diboyong Bayern Munich dari Fiorentina. Luca Toni mengisi nomor punggung 9 yang sempat kosong selama 3 tahun setelah Hashemian hengkang.

Meskipun tampil cukup gemilang bersama Die Bavarian, Luca Toni hanya bertahan selama 2 musim di Jerman. Dalam kurun waktu tersebut, ia menyarangkan 58 gol dan 25 assist dari 89 pertandingan di seluruh ajang.

4. Nils Petersen 

5 Pemain Bayern Munich yang Pakai Nomor Punggung 9 Sebelum LewandowskiNils Petersen (sport.sky.de)

Selepas kepergian Luca Toni, nomor punggung 9 di Bayern Munich akhirnya diwariskan kepada pemain asal Jerman. Ia adalah Nils Petersen, striker yang pada 2010/2011 menjadi top scorer kasta kedua Liga Jerman bersama Energie Cottbus.

Petersen dianggap sebagai wonderkid yang sangat menjanjikan saat itu. Namun, potensi tersebut gagal ia wujudkan saat berseragam Bayern Munich. Pasalnya, Petersen hanya mencatatkan 15 penampilan dengan kontribusi 4 gol pada 2011/2012.

Nils Petersen kalah saing dari striker Bayern Munich seperti Mario Gomez dan Ivica Olic. Pada musim selanjutnya, ia dipinjamkan ke Werder Bremen sebelum dilepas secara permanen pada 2013.

5. Mario Mandzukic

5 Pemain Bayern Munich yang Pakai Nomor Punggung 9 Sebelum LewandowskiMario Madzukic (skysports.com)

Mario Mandzukic adalah pemain terakhir yang menggunakan nomor punggung 9 sebelum Robert Lewandowski. Mandzukic yang didatangkan dari VfL Wolfsburg pada 2012 ini pernah jadi ujung tombak Bayern Munich.

Penyerang asal Kroasia ini punya peran besar saat Bayern Munich menjadi juara Liga Champions pada 2013. Sebelum tersingkirkan oleh Robert Lewandowski dan hengkang ke Atletico Madrid, ia menyumbangkan 48 gol dan 14 assist dari 88 laga untuk Bayern Munich.

Kehilangan Robert Lewandowski sendiri akan jadi kerugian besar bagi Bayern Munich. Namun, klub asal Bavaria ini bisa saja membujuk Lewandowski untuk memperpanjang kontraknya, meski hal tersebut sepertinya akan sulit direalisasikan.

Baca Juga: 5 Catatan Apik Bayern Munich di Bundesliga 2021/2022, Mental Juara!

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya