5 Pemain Belanda Terakhir yang Membela Newcastle Sebelum Sven Botman

Sven Botman akan jadi kekuatan baru pertahanan The Magpies

Menurut cuitan Fabrizio Romano di Twitter, Newcastle United akhirnya merampungkan transfer Sven Botman dari LOSC Lille. Bek muda asal Belanda ini didatangkan dengan biaya sebesar 37 juta euro atau senilai Rp580 miliar. Ia akan diikat kontrak selama 5 tahun.

Sven Botman merupakan incaran Newcastle United sejak Januari 2022 lalu. Akan tetapi, klub berjuluk The Magpies ini baru berhasil mendapatkan pemain dambaannya pada musim panas 2022.

Sven Botman bukan satu-satunya pesepak bola Belanda yang pernah didatangkan Newcastle United. Sebelum diirnya, telah ada dua belas nama pesepak bola asal Belanda yang membela Newcastle United.

1. Jetro Willems

5 Pemain Belanda Terakhir yang Membela Newcastle Sebelum Sven BotmanJetro Willems (skysports.com)

Pesepak bola Belanda terakhir yang membela Newcastle United adalah Jetro Willems. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini datang pada 2019/2020 dari Eintracht Frankfurt sebagai pemain pinjaman selama semusim.

Jetro tampil cukup baik bersama Newcastle United pada awal penampilannya pada musim tersebut. Sayangnya, ia mengalami cedera yang membuatnya absen dalam beberapa laga. Mengoleksi 2 gol dan 2 assist dari 19 laga, Jetro tak dipermanenkan The Magpies.

2. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Belanda Terakhir yang Membela Newcastle Sebelum Sven BotmanGeoriginio Wijnaldum (skysports.com)

Sebelum bermain dengan Liverpool selama 3 musim, Georginio Wijnaldum sempat membela Newcastle United selama semusim. Meski cukup singkat, Wijnaldum bisa disebut sebagai pesepak bola Belanda terbaik yang pernah membela Newcastle United.

Pemain yang didatangkan Newcastle United pada 2015 dari PSV Eindhoven ini sukses memberikan pengaruh besar bagi The Magpies di lini tengah. Wijnaldum juga cukup produktif pada 2015/2016 dengan mencatatkan 11 gol dan 5 assist dari 38 laga di English Premier League (EPL).

Baca Juga: Siap Bajak Sven Botman, Newcastle Kebut Negosiasi dengan Lille

3. Daryl Janmaat

5 Pemain Belanda Terakhir yang Membela Newcastle Sebelum Sven BotmanDaryl Janmaat (skysports.com)

Nama selanjutnya ialah Dary Janmaat, mantan bek Timnas Belanda yang memperkuat Newcastle United selama 2 musim. Janmaat didatangkan dari Feyenoord Rotterdam pada awal 2014/2015.

Selama berseragam Newcastle United, Janmaat tampil gemilang dengan catatan 77 penampilan. Ia juga cukup produktif sebagai seorang bek dengan sukses mencatatkan 4 gol dan 10 assist. Janmaat akhirnya dijual The Magpies ke Watford pada awal 2016/2017.

4. Siem de Jong

5 Pemain Belanda Terakhir yang Membela Newcastle Sebelum Sven BotmanSiem de Jong (skysports.com)

Bermain sangat apik di Eredivisie bersama Feyenoord Rotterdam, Siem de Jong akhirnya dibeli Newcastle United pada awal 2014/2015. Kakak dari Luuk de Jong ini bermain selama 3 musim untuk Newcastle United.

Sayangnya, penampilan Siem de Jong bersama Newcastle United tak sebaik saat bermain di Eredivisie. Ia hanya mencatatkan 26 penampilan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist pada musim efektifnya di Newcastle United selama 2 tahun.

5. Luuk de Jong

5 Pemain Belanda Terakhir yang Membela Newcastle Sebelum Sven BotmanLuuk de Jong (skysports.com)

Newcastle United jadi satu-satunya tim Premier League yang pernah dibela Luuk de Jong dalam kariernya sebagai pesepak bola. Penyerang yang terakhir kali bermain untuk Barcelona ini datang sebagai pemain pinjaman dari Borussia Moenchengladbach.

Momen tersebut hanya terjadi selama setengah musim, tepatnya pada paruh kedua 2013/2014. Dalam kurun waktu singkat tersebut, De Jong tak mampu menampilkan permainan terbaik. Ia hanya menyumbang 1 assist dari 12 laga yang dimainkan bersama The Magpies.

Ekspektasi besar tentu menaungi Sven Botman sebagai pemain mahal yang didatangkan Newcastle United. Bek muda asal Belanda ini punya tanggung jawab membantu pertahanan Newcastle United lebih baik dari musim lalu.

Baca Juga: 10 Potret Sven Botman, Bek Lille yang Jadi Rebutan Tim Raksasa Eropa

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya