5 Pemain Latin yang Pindah ke Liga Brasil pada Musim Panas 2022

Fernandinho, Everton, dan Lucas Leiva pulang kampung

Liga Brasil merupakan salah satu liga domestik terbaik di Amerika Selatan. Banyak pemain bintang menganggap tempat ini sebagai rumah, baik saat mereka memulai karier atau mengakhiri karier.

Tak heran jika pada tiap bursa transfer terdapat banyak pemain top yang pulang ke Liga Brasil. Hal ini berlaku pada bursa transfer musim panas 2022.

Berikut pemain Latin yang pindah ke Liga Brasil pada musim panas 2022.

1. Everton

5 Pemain Latin yang Pindah ke Liga Brasil pada Musim Panas 2022Everton (slbenfica.pt)

Everton Sousa Soares mulai dikenal publik sepak bola ketika bermain impresif selama gelaran Copa America 2019. Sejak saat itu, karier Everton bersama Gremio cukup menanjak dan sempat dilirik oleh beberapa tim besar Eropa.

Pada 2020, Everton memutuskan untuk memulai kariernya di Eropa bersama Benfica. Sayangnya, ia tak terlalu mentereng. Pada bursa transfer musim panas 2022, Everton memilih untuk pulang kampung ke Brasil dengan bergabung bersama Flamengo.

2. Fernandinho

5 Pemain Latin yang Pindah ke Liga Brasil pada Musim Panas 2022Fernandinho (mancity.com)

Setelah 17 tahun meninggalkan Athletico Paranaense untuk berkarier di Eropa, Fernandinho kembali ke klub masa kecilnya pada musim panas 2022. Karier Fernandinho di Eropa ia habiskan hanya untuk membela Shakhtar Donetsk dan Manchester City.

Fernandinho bahkan pernah menjadi kapten Manchester City. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini kini bergabung dengan Athletico Paranaense secara gratis. Fernandinho telah mencatat 11 laga dengan torehan 1 assist sejauh ini.

Baca Juga: Perjalanan Karier Fernandinho di Manchester City, Jadi Legenda!

3. Arturo Vidal

5 Pemain Latin yang Pindah ke Liga Brasil pada Musim Panas 2022Arturo Vidal (twitter.com/kingarturo23)

Arturo Vidal merupakan sosok gelandang tangguh asal Chile yang pernah berlaga di Eropa. Tim-tim besar seperti Bayer Leverkusen, Juventus, Bayern Munich, Barcelona, dan Inter Milan pernah ia bela.

Setelah kontraknya tak diperpanjang Inter Milan, Vidal memutuskan untuk mencoba peruntungannya di Brasil bersama Flamengo. Hal ini merupakan kali pertama Vidal berkarier di Brasil. Sebab, saat ia masih muda, Vidal hanya membela Colo-Colo di Chile.

4. Erick Pulgar

5 Pemain Latin yang Pindah ke Liga Brasil pada Musim Panas 2022Erick Pulgar (flamengo.com.br)

Sama seperti Everton dan Arturo Vidal, Erick Pulgar juga bergabung dengan Flamengo pada bursa transfer musim panas 2022. Pulgar merupakan gelandang asal Chile yang pernah membela Fiorentina, Bologna, dan Galatasaray di Eropa.

Hal ini cukup disayangkan mengingat Pulgar masih berusia 28 tahun. Ia sedang berada pada karier emas. Padahal Pulgar pernah menjadi salah satu incaran panas tim-tim besar Eropa berkat permainan apiknya bersama Timnas Chile dan Fiorentina.

5. Lucas Leiva

5 Pemain Latin yang Pindah ke Liga Brasil pada Musim Panas 2022Lucas Leiva (liverpoolfc.com)

Lucas Leiva juga bergabung dengan klub masa kecilnya setelah 14 tahun berpisah. Leiva yang pernah lama bermain untuk Liverpool dan Lazio ini bergabung dengan Gremio secara gratis pada bursa transfer musim panas 2022.

Leiva sebetulnya bisa mendapatkan tim yang lebih baik dari Gremio yang kini bermain di kasta kedua. Namun, kecintaannya kepada Gremio membuat Leiva memilih untuk membantu Gremio kembali ke kasta tertinggi.

Empat dari lima nama di atas merupakan deretan pemain yang cukup lama berkarier di Eropa. Brasil terbukti menjadi magnet untuk para pemain veteran, khususnya dari Amerika Latin untuk melanjutkan kariernya.

Baca Juga: 5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal Tersukses

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya