Comscore Tracker

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola Istimewa

Salah satu yang terbaik dari Asia

Ada tiga kiper sepak bola yang berhasil mencatatkan rekor dalam Guinnes World Records. Ederson Moraes dengan jarak tendangan terjauh, Tom King dengan rekor gol terjauh, dan Alireza Beiranvand dengan rekor lemparan terjauh.

Nama terakhir, Beiranvand, cukup menarik. Kiper berkebangsaan Iran ini tercatat berhasil melempar bola sejauh 61 meter. Ia melakukannya saat tim nasional Iran bertemu Korea Selatan pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018.

1. Alireza Beiranvand lahir di Sarabias, Iran, 21 September 1992. Usianya kini 29 tahun

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

2. Semasa kecil, ia pernah melarikan diri dari rumahnya menuju Teheran, ibukota Iran. Ia sempat telantar dan tak punya tempat tinggal di sana

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand kecil (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

3. Hal itu Beiranvand lakukan agar bisa meraih mimpinya untuk menjadi pemain sepak bola. Hasilnya, ia direkrut akademi Vahdat pada 2007

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand dengan piagam Guinnes World Records (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

4. Setahun berselang, ia pindah ke akademi Naft Tehran dan sukses promosi ke tim utama pada 2010

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand saat sesi latihan bersama Royal Antwerp (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

5. Pada 2016, ia dibeli Persepolis yang berstatus tim raksasa Iran dan mengabdi selama 4 musim

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand saat berseragam Persepolis (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

6. Nama Beiranvand mulai dikenal publik ketika berhasil tampil cemerlang dengan menepis penalti Cristiano Ronaldo pada Piala Dunia 2018

7. Ia akhirnya berkarier di Eropa dan mendapatkan kontrak dari klub Belgia, Royal Antwerp

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand saat berseragam Royal Antwerp (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

8. Pada 2021/2022, Beiranvand bermain untuk Boavista di Portugal dengan status pinjaman dan opsi pembelian pada akhir musim

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand saat berseragam Boavista (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

9. Alireza Beiranvand juga merupakan kiper utama timnas Iran yang menjadi salah satu kiper terbaik Asia saat ini

10 Potret Alireza Beiranvand, Kiper dengan Lemparan Bola IstimewaAlireza Beiravand saat berseragam timnas Iran (instagram.com/alirezabeyranvand.official)

10. Beiravand tercatat dalam Guinnes World Records untuk rekor lemparan terjauh dalam sepak bola dengan catatan 61 meter

https://www.youtube.com/embed/Cebk0MO1sCw

Dengan kehebatannya, Alireza Beiranvand menjadi kiper berkebangsaan Iran pertama yang mampu menembus liga top Eropa. Tidak banyak kiper Asia yang mampu tampil hebat dan bermain di liga top Eropa. Mungkin hanya Ali Al-Habsi, Eiji Kawashima, dan Neil Etheridge yang termasuk kiper Asia dengan karier cukup baik di Eropa.

Baca Juga: 5 Kiper LaLiga yang Menjadi Kiper Utama di Tim Nasional, Ada Courtois!

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya