10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union Berlin

Tajam di Bundesliga, mampukah Awoniyi gemilang di EPL?

Union Berlin merupakan salah satu klub di Bundesliga Jerman yang baru merasakan kasta tertinggi Bundesliga pada musim 2019/2020. Sejak kali pertamanya menjajaki kasta tertinggi Jerman, Union Berlin punya performa yang cukup memuaskan.

Tak diisi banyak pemain top atau berkelas, Union Berlin sukses berada di papan atas klasemen Bundesliga dalam dua musim terakhir. Berkat permainan yang kolektif, para pemain Union Berlin akhirnya dilirik banyak tim Eropa.

Pada jendela transfer musim panas ini, Union Berlin memecahkan rekor penjualan pemain termahal dalam sejarah klub mereka. Rekor tersebut pecah oleh Taiwo Awoniyi yang dijual ke Nottingham Forest. Berapakah rekor yang dipecahkan dan bagaimana sosok Taiwo Awoniyi? Berikut ini deretan potret dan fakta tentang Taiwo Awoniyi.

1. Taiwo Michael Awoniyi lahir di kota Ilorin, Nigeria, pada 12 Agustus 1997. Saat ini usianya baru menginjak 24 tahun 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi dan sang anak (instagram.com/awoniyi18)

2. Sebelum jadi pesepak bola profesional, Taiwo Awoniyo menghabiskan lima tahun di tim akademi Impreial Soccer Academy di Nigeria 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat membela Union Berlin (instagram.com/awoniyi18)

3. Berkat potensinya yang menarik perhatian, Awoniyi akhirnya diboyong ke Eropa oleh Liverpool, tim yang ia bela selama lima tahun 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat berseragam Liverpool (instagram.com/awoniyi18)

4. Sayangnya, Awoniyi tak pernah mencatatkan penampilan bersama Liverpool. Ia lebih sering dipinjamkan ke tim lain

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat membela Timnas Nigeria (instagram.com/awoniyi18)

5. FSV Frankfurt, NEC Nijmegen, Mouscron, dan KAA Gent merupakan beberapa klub yang pernah dibela Awoniyi selama dipinjamkan oleh Liverpool

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat berseragam Mouscron (sunnewsonline.com)

Baca Juga: 10 Fakta Nottingham Forest, Raksasa Inggris yang Kembali ke EPL

6. Selain itu, Awoniyi juga pernah dipinjamkan ke kasta tertinggi Bundesliga, yakni Mainz 05 (2019—2020) dan Union Berlin (2020—2021) 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat membela FSV Mainz 05 (instagram.com/awoniyi18)

7. Penampilan hebatnya membuat Awoniyi akhirnya dipermanenkan oleh Union Berlin pada awal musim 2021/2022 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat membela Union Berlin (instagram.com/awoniyi18)

8. Pada musim tersebut, Awoniyi jadi salah satu pencetak gol terbanyak Bundesliga. Hal tersebut membawa ia debut bersama Timnas Nigeria 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat membela Timnas Nigeria (instagram.com/awoniyi18)

9. Permainan hebatnya tersebut membuat ia jadi pemain termahal yang dijual oleh Union Berlin dengan angka 20 juta euro (Rp313 miliar) 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat membela Timnas Nigeria (instagram.com/awoniyi18)

10. Untuk musim depan, Awoniyi akan kembali bermain di Premier League bersama tim promosi, Nottingham Forest 

10 Potret Taiwo Awoniyi, Pemegang Rekor Penjualan Union BerlinTaiwo Awoniyi saat pengenalan di Nottingham Forest (instagram.com/officialnffc)

Meski pernah membela Liverpool, Taiwo Awoniyi belum pernah mencatatkan penampilan di ajang Premier League. Musim depan, Awoniyi punya kesempatan besar untuk tampil di Premier League. Seperti apakah performa Awoniyi musim depan?

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Union Berlin, Ada Nama Baru!

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya