Comscore Tracker

5 Produk Akademi Benfica Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Kebanyakan berposisi sebagai gelandang

Portugal dikenal sebagai salah satu negara yang sukses melahirkan banyak pemain sepak bola hebat di dunia. Luis Figo, Eusebio, dan Cristiano Ronaldo merupakan sedikit contoh dari bakat yang lahir di negara yang terletak di semenanjung Iberia ini.

Salah satu klub yang sering melahirkan pemain hebat adalah SL Benfica, yang tergolong sebagai klub terbaik di Portugal. Banyak produk akademi Benfica yang merantau ke liga lain, salah satunya ialah Bundesliga.

Telah ada tujuh produk akademi Benfica yang pernah berlaga di Bundesliga. Berikut ini ulasan lima yang terbaiknya.

1. Jose Dominguez

5 Produk Akademi Benfica Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaJose Dominguez (expressandstar.com)

Jose Dominguez menjadi alumnus akademi Benfica yang paling banyak mencatatkan pertandingan di Bundesliga. Pemain yang berposisi sebagai winger kiri ini hanya membela Kaiserlautern di Bundesliga.

Hal tersebut terjadi selama 3,5 tahun (2001—2004) dengan total 58 laga serta sumbangan 5 gol dan 7 assist. Saat masih muda, Dominguez sendiri pernah ditempa di tim akademi Benfica selama 7 tahun (1985—1992).

2. Renato Sanches

5 Produk Akademi Benfica Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaRenato Sanches (ligue1.com)

Sebelum sukses di Ligue 1 bersama LOSC Lille dan kini berseragam Paris Saint-Germain, Renato Sanches terlebih dahulu mencicipi atmosfer Bundesliga. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah jadi bagian dari Bayern Munich selama 3 tahun (2016—2019).

Sayangnya, potensi Renato Sanches bersama Die Bayern gagal tampak. Dalam kurun waktu tersebut, ia hanya mencatat 33 penampilan dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist. Setahun sebelum jadi bagian dari Bayern Munich, Renato masih berada di tim muda Benfica, tim junior yang ia bela selama 7 tahun.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Gagal Diboyong AC Milan, Renato Sanches Terbaru!

3. Paulo Sousa

5 Produk Akademi Benfica Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaPaulo Sousa (twitter.com/paulomcdsousa)

Paulo Sousa merupakan mantan gelandang andalan Timnas Portugal yang kini menjabat sebagai pelatih Flamengo di Liga Brasil. Saat masih aktif bermain, Paulo Sousa pernah berseragam Borussia Dortmund selama 1,5 musim.

Momen tersebut terjadi pada pertengahan 1996 hingga awal 1998. Dalam kurun waktu tersebut, Sousa hanya mencatat 27 penampilan dengan sumbangan 1 gol dan 7 assist. Meski cukup sedikit, Sousa sukses membawa Borussia Dortmund jadi juara Champions League 1997.

4. Maniche

5 Produk Akademi Benfica Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaNuno Maniche (uefa.com)

Tak jauh berbeda dengan Paulo Sousa, Nuno Mancihe juga pernah jadi pemain andalan dari Timnas Portugal. Ia sempat membela beberapa tim top, seperti Atletico Madrid, Inter Milan, dan Chelsea sebelum bermain di Bundesliga pada 2009/2010.

Kala bermain di Jerman, Mancihe hanya membela FC Koeln. Pemain yang pernah menimba ilmu di tim akademi Benfica selama 7 tahun (1989—1996) ini sukses mencatat 2 gol dan 2 assist dari 26 laga untuk FC Koeln di Bundesliga.

5. Joao Pereira

5 Produk Akademi Benfica Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaJoao Pereira (bundesliga.com)

Joao Pereira merupakan bek kanan berkebangsaan Portugal yang 7 tahun berada di tim akademi Benfica. Momen ini terjadi pada 1996 hingga promosi ke tim utama Benfica pada 2003. Sempat membela beberapa tim Liga Portugal, Pereira akhirnya pindah ke Jerman.

Kala itu, pada paruh kedua musim 2014/2015, Pereira bergabung dengan Hannover 96 dengan status pemain pinjaman dari Valencia. Selama setengah musim, ia hanya mencatat lima laga untuk Hannover.

Tak hanya di Bundesliga Jerman, produk akademi Benfica juga banyak tersebar di liga lain. Tak heran jika Benfica dan tim-tim asal Portugal lain telah terkenal sebagai penghasil pemain hebat.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi SL Benfica Terbaik yang Pernah Bermain di EPL

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya