5 Produk Akademi Man City Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

Seluruhnya masih aktif bermain!

Sejak diambil oleh konsorsium asal Uni Emirat Arab, Mansour bin Zayed, Manchester City mengalami perubahan yang sangat signifikan sebagai klub sepak bola. Pemain bintang dengan harga mahal didatangkan untuk meningkatkan kualitas klub.

Manchester City juga melakukan perubahan besar dalam akademi mereka. Hasilnya, banyak pemain hebat yang akhirnya lahir dari akademi klub berjuluk The Cityzens ini. Beberapa di antaranya telah melanglang buana berkarier di luar Inggris, salah satunya ialah di Bundesliga Jerman.

Dan berikut adalah lima yang terbaik dari total lima belas produk akademi Manchester City yang pernah merumput di Bundesliga.

1. Robert Mak

5 Produk Akademi Man City Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaRobert Mak (skysports.com)

Robert Mak merupakan produk akademi Manchester City pertama yang merasakan berlaga di ajang Bundesliga. Winger asal Slovakia ini pernah menimba ilmu di tim akademi Manchester City selama empat tahun (2004-2008).

Mak tidak pernah sekalipun bermain di tim senior Manchester City. Saat dinaikan ke tim reserve, Robert Mak langsung dibeli oleh FC Nurnberg pada tahun 2010. Mak berkarier selama empat tahun bersama FC Nurnberg di Bundesliga. Selama itu, ia mencatatkan 76 penampilan di liga.

2. Loris Karius

5 Produk Akademi Man City Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaLoris Karius (skysports.com)

Meski berasal dari Jerman, akademi Manchester City merupakan akademi terakhir dalam karier Loris Karius. Kiper yang sekarang membela Liverpool ini berada di tim akademi Manchester City selama setahun sebelum dipindahkan ke tim Reserve pada 2011

Karius pernah membela dua tim berbeda saat berlaga di Bundesliga. Tim pertama ialah FSV Mainz 05 yang ia bela selama tiga musim (2013-2016).

Dan satu lagi ialah Union Berlin yang ia bela pada musim 2020/2021 sebagai pemain pinjaman. Dari 95 laga yang dimainkannya, Karius lebih banyak bermian untuk Mainz 05.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Manchester City Bersama Sergio Aguero

3. Angelino

5 Produk Akademi Man City Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaAngelino (skysports.com)

Bek kiri andalan RB Leipzig saat ini, Angelino, pernah cukup lama berada di tim muda Manchester City. Angelino pertama kali bergabung pada tahun 2013 dan promosi ke tim utama pada tahun 2019. Namun, Angelino lebih banyak dipinjamkan saat berada di Manchester City.

Tampil menakjubkan di masa pinjaman pada paruh kedua musim 2019/2020, Angelino akhirnya dipermanenkan oleh RB Leipzig di akhir musim tersebut. Hingga berakhirnya musim 2021/2022, Angelino telah mencatatkan 12 gol dan 29 assists dari 100 pertandingan untuk RB Leipzig sebagai seorang bek kiri.

4. Jadon Sancho

5 Produk Akademi Man City Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaJadon Sancho (skysports.com)

Jadon Sancho menjadi produk akademi Manchester City tersukses yang berlaga di Bundesliga Jerman. Winger yang sekarang membela Manchester United ini berada selama dua musim di akademi Manchester City, sebelum direkrut Borussia Dortmund pada tahun 2017.

Selama berseragam Die Borussen, Jadon Sancho mampu mencatatkan 50 gol dan 64 assists dari 137 pertandingan yang dimainkan selama tiga musim. Penampilannya tersebut juga menjadi cikal bakal banyaknya pesepak bola muda Inggris yang mencoba berkarier di luar negerinya sendiri saat ini.

5. Dedryck Boyata

5 Produk Akademi Man City Terbaik yang Pernah Berlaga di BundesligaDedryck Boyata (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Dedryck Boyata yang saat ini berstatus sebagai kapten dari Hertha Berlin. Bek berkebangsaan Belgia ini pernah berada di tim akademi Manchester City selama dua btahun (2009-2011). Namun, ia gagal bersaing dengan para bek senior Manchester City.

Oleh karena itu, ia lebih sering dipinjamkan dan akhirnya hengkang secara permanen. Sempat membela Glasgow Celtic, Boyata akhirnya bergabung dengan Hertha Berlin pada tahun 2019. Hingga musim ketiganya di Bundesliga, Boyata telah mencatatkan 70 pertandingan untuk tim asal ibu kota Jerman tersebut.

 

Dengan kondisi finansial yang terjamin dan akademi yang hebat, tak heran jika Manchester City berkembang sangat pesat. Tim ini merupakan sebuah contoh bagaimana tim medioker yang dibangun untuk menjadi tim raksasa.

Baca Juga: 6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya