5 Produk Akademi FC Porto Terbaik yang Pernah Bermain di Bundesliga

FC Porto kerap jual pemain potensial dengan harga mahal

FC Porto merupakan salah satu klub tersukses Portugal yang sukses lahirkan banyak pemain berkualitas. Berkat pemain hasil didikannya tersebut, FC Porto sukses raih banyak trofi bergengsi termasuk 2 gelar juara Champions League dan 30 gelar juara Liga Portugal.

Tak hanya berkiprah di liga sendiri, pemain produk akademi FC Porto juga bermain di liga lain, termasuk Bundesliga Jerman. Pernah ada 7 mantan didikan akademi FC Porto di Bundesliga. Mari ulas 5 dari 7 nama terbaik produk akademi FC Porto di Bundesliga.

1. Sergio da Silva Pinto

5 Produk Akademi FC Porto Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaSergio Da Silva Pinto (bundesliga.com)

Sergio da Silva Pinto merupakan produk FC Porto dengan jumlah penampilan terbanyak di ajang Bundesliga. Gelandang berkebangsaan Jerman ini pernah menimba ilmu di akademi FC Porto  selama 3 tahun (1989—1993).

Belum sempat promosi ke tim utama FC Porto, Sergio telah pindah ke Jerman untuk bergabung dengan tim akademi TuS Haltern. Sergio menghabiskan hampir seluruh kariernya di Bundesliga. Dari 17 tahun karier profesionalnya, ia hanya habiskan setahun di tim non-Bundesliga.

Oleh karena itu, ia sukses mencatatkan 212 laga dengan torehan 21 gol dan 19 assist di ajang Bundesliga. Torehan tersebut ia catatkan bersama Schake 04, Hannover, dan Alemannia Aachen.

2. Hugo Almeida

5 Produk Akademi FC Porto Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaHugo Almeida (kiri) (hannover96.de)

Mantan pemain andalan Timnas Portugal di lini serang, Hugo Almeida, juga pernah tercatat jadi bagian dari tim muda FC Porto. Momen tersebut terjadi selama 2 tahun, terhitung dari 2001 hingga ia promosi ke tim utama pada 2003.

Almeida pernah membela dua klub Bundesliga berbeda, yakni Werder Bremen (2006—2011) dan Hannover 96 (2016). Dari dua klub tersebut, Almeida berhasil mencetak 42 gol dan 13 assist dari 124 pertandingan.

Baca Juga: 5 Produk Akademi LOSC Lille Terbaik yang Pernah Main di Bundesliga

3. Veirinha

5 Produk Akademi FC Porto Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaVeirinha (twitter.com/vflwolfsburg_en)

Nama selanjutnya ialah Veirinha, bek kiri asal Portugal yang saat ini berlaga di Liga Yunani sebagai kapten dari PAOK Salonika. Veirinha sempat habiskan 5 tahun di tim akademi FC Porto sebelum promosi ke tim utama pada 2006.

Kariernya di Bundesliga berjalan cukup lama, yakni selama 5,5 musim bersama VfL Wolfsburg. Ia tergolong sebagai salah satu pemain hebat dan bek cerdas kala itu. Dalam kurun waktu tersebut, Veirinha sukses mencatat 4 gol dan 18 assist dari 124 laga.

4. Andre Silva

5 Produk Akademi FC Porto Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaAndre Silva (twitter.com/andrevsilva19)

Andre Silva merupakan salah satu penyerang asal Portugal yang saat ini malang melintang di kompetisi Bundesliga. Kariernya di tanah Jerman dimulai pada awal musim 2019/2020 ketika ia bergabung dengan Eintracht Frankfurt dari AC Milan sebagai pemain pinjaman.

Sukses bermain apik, Andre Silva akhirnya dipermanenkan pada akhir musim. Andre Silva kembali menunjukan performa apik, ia pun dibeli RB Leipzig pada awal musim 2021/2022 dan masih bertahan hingga sekarang. Sebelum jadi pemain profesional, Silva pernah 2 tahun (2011—2013) di tim akademi FC Porto.

5. Goncalo Paciencia

5 Produk Akademi FC Porto Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaGoncalo Paciencia (twitter.com/bundesliga_en)

Sama seperti Hugo Almeida dan Andre Silva, Goncalo Paciencia juga merupakan penyerang produk akademi FC Porto yang pernah berlaga di Bundesliga. Paciencia memulai kariernya di Bundesliga pada awal musim 2018/2019 ketika ia bergabung dari FC Porto ke Eintracht Frankfurt.

Hingga saat ini, Paciencia masih jadi bagian dari tim Frankfurt. Pada musim 2020/2021, Paciencia juga sempat bermain untuk Schalke 04. Total 14 gol dan 7 assist dari 67 laga telah ia catatkan di Bundesliga.

 

Selain kelima nama di atas, masih terdapat dua nama lain. Mereka adalah Daniel Fernandes yang pernah bermain di VfL Bochum dan Ricardo Sousa yang pernah membela Hannover 96.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Porto yang Pernah Bermain di LaLiga

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya