Comscore Tracker

5 Produk Akademi PSV Terbaik yang Pernah Bermain di Bundesliga

Klass-Jan Huntelaar paling diingat

PSV Eindhoven merupakan penantang serius dalam perebutan juara Eredivisie. PSV selalu bersaing ketat dengan Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam. Tak usah heran jika PSV disebut sebagai salah satu klub terhebat di Belanda.

Seperti kebanyakan klub Belanda lain, PSV Eindhoven juga punya sistem akademi yang hebat. Beberapa dari mereka bahkan sukses menembus liga top Eropa, seperti Bundesliga.

Berikut ini lima produk akademi PSV Eindhoven terbaik yang pernah bermain di Bundesliga.

1. Paul Verhaegh

5 Produk Akademi PSV Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaPaul Verhaegh (bundesliga.com)

Paul Verhaegh merupakan produk akademi PSV Eindhoven yang paling banyak melakoni laga di Bundesliga. Verhaegh yang berposisi sebagai bek kanan pernah berada di tim akademi PSV Eindhoven selama 6 tahun (1998—2004).

Verhaegh tak pernah sekali pun bermain di untuk PSV Eindhoven. Namun, kariernya di Bundesliga diawali pada 2010/2011 ketika bergabung dengan FC Augsburg. Selama 7 musim, ia sukses mencatatkan 189 penampilan dengan torehan 21 gol dan 14 assist.

2. Klass-Jan Huntelaar

5 Produk Akademi PSV Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaKlass-Jan Huntelaar (schalke04.de)

Klass-Jan Huntelaar lebih erat kaitannya dengan Ajax Amsterdam ketimbang PSV Eindhoven. Padahal ia pernah dididik di tim akademi PSV Einhoven selama 2 tahun (2000—2002) sebelum promosi ke tim utama pada 2002.

Sementara, karier Huntelaar di Bundesliga ia habiskan untuk Schalke 04. Ia dua kali bergabung dengan Schalke 04 pada 2010—2017 dan 2021. Mantan penyerang Real Madrid dan AC Milan ini sukses mencetak 84 gol dan 27 assist dari 183 laga.

Baca Juga: 5 Produk Akademi FC Sochaux Terbaik yang Pernah Main di Bundesliga

3. Rob Maas

5 Produk Akademi PSV Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaRob Maas (bayer04.de)

Mantan asisten pelatih Bayer Leverkusen, Rob Maas, juga pernah jadi bagian dari tim muda PSV Eindhoven. Maas lahir di Eindhoven sehingga menjadikan PSV sebagai tim muda terakhirnya sebelum jadi pesepak bola profesional.

Saat berkarier sebagai pesepak bola di Bundesliga, Maas pernah membela dua klub Bundesliga, yakni Ariminia Bielefeld (1996—1998) dan Hertha Berlin (1998—2003). Dari kedua klub tersebut, Maas sukses mencatatkan 90 penampilan dengan sumbangan 3 gol dan 3 assist.

4. Donyell Malen

5 Produk Akademi PSV Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaDonyell Malen (twitter.com/blackyellow)

Donyell Malen menjadi satu-satunya produk akademi PSV Eindhoven yang masih aktif berkarier dalam daftar ini. Malen pernah setahun berada di tim junior PSV Eindhoven sebelum promosi ke tim utama pada 2018.

Setelah 3 tahun membela tim utama PSV Eindhoven, Malen melanjutkan kariernya di Bundesliga bersama Borussia Dortmund yang masih jadi timnya sekarang. Pada musim pertamanya, Malen sukses mencetak 5 gol dan 6 assist dari 27 laga sebagai seorang penyerang.

5. Marcel de Jong

5 Produk Akademi PSV Terbaik yang Pernah Bermain di BundesligaMarcel de Jong (twitter.com/fca_world)

Marcel de Jong hanya membela FC Augsburg saat berkarier di Bundesliga. Ia memulainya pada Juli 2010 saat bergabung dari Roda JC. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini bermain 4,5 musim untuk klub tersebut.

Marcel sukses mencatat 41 penampilan dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Angka tersebut tampak sedikit karena Marcel pernah berlaga di kasta kedua Bundesliga bersama Augsburg. Jauh sebelum itu, Marcel pernah 8 tahun (1996—2004) di tim akademi PSV Eindhoven.

Termasuk 5 nama di atas, total ada 18 produk akademi PSV Eindhoven yang pernah berlaga di Bundesliga. Delano Hill, Sam Lammers, Jurgen Locadia, Tom van der Leegfe, dan Ibrahim Affelay merupakan beberapa di antaranya.

Baca Juga: 5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya